Share

Besok Kemenag Gelar Sidang Isbat Penentuan Awal Bulan Dzulhijjah dan Idul Adha 1443H

Tim Okezone, Jurnalis · Selasa 28 Juni 2022 19:08 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 28 614 2619859 besok-kemenag-gelar-sidang-isbat-penentuan-awal-bulan-dzulhijjah-dan-idul-adha-1443h-IxwZBGiGzS.jpg Ilustrasi Kemenag menggelar sidang isbat penentuan awal bulan Dzulhijjah dan Idul Adha. (Foto: Dok Okezone)

KEMENTERIAN Agama besok Rabu 29 Juni 2022 Masehi menggelar sidang isbat penentuan awal bulan Dzulhijjah dan hari raya Idul Adha 1443 Hijriah. Sidang dilaksanakan di Auditorium HM Rasjidi, Kantor Kemenag RI, Jakarta Pusat.

Kemenag juga akan melakukan rukyatul hilal di 86 lokasi seluruh wilayah Indonesia. Ini sebagai salah satu rujukan dalam penetapan awal bulan Dzulhijjah dan hari raya Idul Adha 1443H.

Baca juga: Inspiratif! Ibu Ini Mendidik 11 Anaknya Jadi Penghafal Alquran, Bagikan 5 Tips Jitunya 

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais dan Binsyar) Kemenag Adib menjelaskan semua sistem hisab menyepakati ijtimak menjelang bulan Dzulhijjah 1443H jatuh pada Rabu 29 Juni 2022M atau bertepatan dengan tanggal 29 Dzulqa'dah, sekira pukul 09.52 WIB.

"Pada hari rukyat, ketinggian hilal di seluruh wilayah Indonesia di atas ufuk, berkisar antara 0 derajat 52 menit sampai dengan 3 derajat 13 menit, dengan sudut elongasi 4,27 derajat sampai dengan 4,97 derajat," paparnya, dikutip dari Kemenag.go.id.

Baca juga: Abu Nawas Diusir dari Kampung, tapi Gampang Pulang Lagi Ditolong Keledainya, Gimana Caranya? 

Adib menegaskan, sidang isbat penentuan awal bulan Dzulhijjah 1443H menunggu hasil rukyatul hilal di seluruh wilayah Indonesia yang akan dilaksanakan oleh Kanwil Kementerian Agama dan Kemenag Kabupaten/Kota, bekerja sama dengan Peradilan Agama, ormas Islam, serta instansi lain setempat.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Sementara Kepala Subdirektorat Hisab Rukyat dan Syariah Ditjen Bimas Islam Kemenag Ismail Fahmi menerangkan Sidang Isbat Awal Dzulhijjah akan terbagi dalam tiga tahap.

"Sesi pertama akan dimulai pukul 17.00 WIB, berupa pemaparan posisi hilal Awal Dzulhijjah 1443 Hijriah oleh anggota Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kemenag," katanya.

Baca juga: Apa Status Anak dari Pernikahan Beda Agama? Ini Penjelasan MUI 

Baca juga: Bertemu 2 Hafiz Indonesia Juara MTQ Internasional, Menag: Tingkatkan Pengalaman di Ajang Lainnya 

Sesi kedua, lanjut Ismail, sidang isbat yang dimulai setelah magrib, serta diawali dengan penyampaian laporan data hisab dan hasil rukyatul hilal dari sejumlah titik yang ditentukan di Indonesia.

"Sesi ketiga, pengumuman hasil Sidang Isbat Awal Dzulhijjah yang disiarkan langsung oleh TVRI sebagai TV Pool dan live streaming medsos Kemenag," tukasnya.

Wallahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini