Share

7 Fakta Kondisi Terkini Makam Abu Lahab dan Abu Jahal: Mengerikan, Bau Bangkai Busuk!

Intan Afika Nuur Aziizah, Jurnalis · Rabu 06 Juli 2022 10:44 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 06 614 2624451 7-fakta-kondisi-terkini-makam-abu-lahab-dan-abu-jahal-mengerikan-bau-bangkai-busuk-AWzOQE5LbD.png Kondisi makam Abu Lahab dan Abu Jahal. (Foto: YouTube Alman Mulyana)

MAKAM Abu Lahab dan Abu Jahal di Arab Saudi menyita perhatian banyak orang. Bagaimana tidak, dua sosok jahat di zaman Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam ini meninggal dunia mengenaskan, termasuk dengan kondisi makamnya.

Nah, berikut ini fakta-fakta kondisi terkini makam Abu Lahab dan Abu Jahal, sebagaimana telah Okezone himpun.

Baca juga: 6 Amalan Sunah di Hari Arafah bagi Muslimin yang Tidak Berhaji, Pahalanya Luar Biasa Besar!ย 

1. Mengerikan, mengeluarkan bau busuk

Mengerikan! Makam Abu Lahab mengeluarkan bau busuk yang sangat menusuk. Aroma busuk itu mencerminkan bagaimana perangai paman Rasulullah Shallallahu โ€˜alaihi wa sallam tersebut semasa hidup yang juga penghalang dakwah Islam.

2. Meninggal secara mengenaskan

Paman Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam ini memang meninggal dunia secara mengenaskan. Sebelum wafat, Abu Lahab menderita sakit parah dengan menebarkan aroma busuk sehingga tidak ada yang sudi mendekatinya. Berhari-hari mayatnya tidak dikubur lantaran tak ada yang tahan dengan baunya.

Kaum Quraisy akhirnya menggali liang lahad untuknya. Kemudian jenazah Abu Lahab didorong dengan sebilah kayu hingga masuk ke lubang itu. Dari kejauhan, orang-orang melempari mayat Abu Lahab dengan batu hingga mereka yakin mayatnya telah terkubur oleh timbunan batu.

Kondisi mengerikan makam Abu Lahab saat ini. (Foto: YouTube Alman Mulyana)

3. Makamnya berada di puncak gunung

Belum lama ini YouTuber Alman Mulyana menayangkan kuburan pimpinan kaum kafir Quraisy itu dengan jarak yang sangat dekat. Dikatakan, kuburan Abu Lahab berada di puncak gunung yang kemudian dinamakan Jabal Abu Lahab atau Gunung Abu Lahab.

Gunung yang menyimpan jasad Abu Lahab itu tidak jauh dari Masjidil Haram, sekira 3โ€“4 kilometer. Lokasinya juga tidak jauh dari rumah Abu Lahab. Permukiman ini dinamakan Kampung Abu Lahab. Tidak tampak lalu lalang atau anak-anak yang sedang bermain layaknya sebuah permukiman di sana.

Di sepanjang jalan, Alman Mulyana justru menemukan banyak rumah tua yang tidak berpenghuni alias kosong. Bangunan itu sudah sangat kotor, dipenuhi kerak, debu, serta sampah yang berserakan. Ada pula sebuah hotel yang menjulang tinggi terlihat sepi pengunjung di pinggir jalan.

"Mana ada orang yang mau ngontrak di sini, dekat Abu Lahab," ucap Alman Mulyana, dikutip dari tayangan di kanal YouTube-nya, Rabu (6/7/2022).

Baca juga: Aneh! Dibelakangi Abu Nawas, Raja Malah Ketawa Kesenangan, Ada Apa Ya?ย 

4. Makam Abu Jahal juga bau bangkai busuk

Dalam perjalanan, ia bercerita beberapa hari lalu sempat mengunjungi makam Abu Jahal. Dikatakan, makam sahabat Abu Lahab itu mengeluarkan bau busuk yang sangat menusuk, bahkan Alman sampai batuk-batuk.

"Makam Abu Jahal itu, uh bau bangkai guys, padahal matinya udah ratusan tahun lalu," ungkapnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

5. Aroma busuk tercium mulai depan pagar permakaman

Aroma busuk tercium pula di area permakaman Abu Lahab. Sesampainya di depan pagar, Alman dan temannya sudah disambut aroma busuk yang menyeruak.

Apalagi ada bangkai binatang di antara sampah yang berserakan di depan pintu pagar makam Abu Lahab. Sontak saja sang YouTuber dan temannya batuk-batuk hingga mual, hendak muntah.

"Makam orang terlaknat di bumi itu bau bangkai guys. Luar biasa baunya sampai sesak ke dada," ujarnya.

6. Bentuk makam datar

Bentuk makam Abu Lahab rupanya datar begitu saja, tidak ada batu nisan, hanya ada bebatuan dan beberapa tanaman yang tumbuh di atasnya. Ini berbeda dengan kuburan di Indonesia.

Terlihat pula tanah itu sengaja dibiarkan kosong, tanpa ada bangunan apa pun. Di setiap sudutnya terdapat pagar besi yang menjaga makam Abu lahab.

"Tempat ini benar-benar dijaga, dari atas dibeton lho, terus dipagar besi. Bawahnya pun dipagar. Ini untuk melindungi umat Islam agar tidak melakukan perbuatan syirik," ucap Alman Mulyana.

7. Laknat Abu Lahab

Abu Lahab merupakan salah seorang paman Nabi Shallallahu โ€˜alaihi wa sallam yang memiliki nama asli Abdul Uzza bin Abdul Muthalib. Lahab berarti 'yang menyala-nyala'. Sebutan itu disematkan karena waktu kecil dia dikenal dari wajahnya yang tampak cerah.

Allah Subhanahu wa ta'ala melaknat Abu Lahab karena perilakunya yang amat buruk terhadap Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam. Namanya bahkan diabadikan dalam kitab suci Alquran melalui Surat Al Lahab yang terdiri atas lima ayat.

Allahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini