Share

Idul Adha di China, Tahun Ini Kaum Muslimin Belum Bisa Sholat Id di Masjid

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 06 Juli 2022 18:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 06 614 2624723 idul-adha-di-china-tahun-ini-kaum-muslimin-belum-bisa-sholat-id-di-masjid-03y5bg3Ihr.jpg Umat Islam di China menyimak khotbah Idul Adha di Masjid Njujie Beijing. (Foto: Dok Antara/Muhammad Irfan Ilmie)

HARI raya Idul Adha 1443 Hijriah di China diperkirakan bakal berbeda di setiap provinsi atau kota/daerah. Berdasarkan informasi dari Asosiasi Muslim China, disebutkan bahwa lebaran kurban tahun ini di China ada yang dirayakan pada Sabtu 9 Juli, namun ada juga Ahad 10 Juli 2022 Masehi.

"Guerbang Jie (Festival Kurban) di Beijing tanggal 10 Juli," kata seorang imam masjid di Beijing, China, seperti dikutip dari Antara, Rabu (6/7/2022).

Baca juga: 7 Fakta Kondisi Terkini Makam Abu Lahab dan Abu Jahal: Mengerikan, Bau Bangkai Busuk! 

Namun, beberapa umat Islam di Daerah Otonomi Qinghai akan merayakan Idul Fitri pada Sabtu 9 Juli 2022.

"Sayangnya untuk Idul Adha tahun ini, kami belum bisa menyelenggarakan sholat id karena masjid-masjid di Beijing masih tutup akibat pandemi," kata seorang pengurus Asosiasi Muslim China di Beijing.

Baca juga: Viral Atlet Thailand Jadi Mualaf dan Nikahi Gadis Gresik Peraih Emas PON 

Sementara Asosiasi Muslim China (CMA) Taiwan menetapkan hari raya Idul Adha pada Sabtu 9 Juli, sedangkan Jepang pada Ahad 10 Juli 2022.

Di China, khususnya daerah-daerah mayoritas berpenduduk Muslim, seperti Xinjiang, Qinghai, dan Ningxia, Idul Adha biasa dirayakan secara besar-besaran. Mereka merayakannya dengan memotong hewan kurban dan membagikannya kepada komunitas.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Perayaan idul kurban di China lebih semarak dibandingkan Idul Fitri. Tradisi Guerbang Jie atau hari raya Idul Adha sangat dikenal oleh masyarakat China secara umum.

Namun karena beberapa daerah masih menerapkan protokol kesehatan antisipasi pandemi covid-19 secara ketat, maka Sholat Idul Adha di masjid-masjid China ditiadakan seperti halnya Idul Fitri dua bulan lalu.

Allahu a'lam bisshawab.

Baca juga: Tahun Ini Ada Haji Akbar, Begini Keutamaannya 

Baca juga: Bacaan Doa Menyembelih Hewan Kurban Sapi atau Kambing: Lengkap Bahasa Arab, Latin, Terjemahan Indonesia 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini