Share

7 Hikmah Kurban di Hari Raya Idul Adha, Jadi Penolong di Akhirat Kelak!

Cita Zenitha, Jurnalis · Senin 11 Juli 2022 08:11 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 10 330 2627135 7-hikmah-kurban-di-hari-raya-idul-adha-jadi-penolong-di-akhirat-kelak-LWdqHu3qOR.jpg Ilustrasi hikmah kurban di hari raya Idul Adha. (Foto: Dok Okezone)

ADA 7 hikmah kurban di hari raya Idul Adha bagi umat Islam. Barang siapa yang melakukan ibadah kurban, Allah Subhanahu wa ta'ala senantiasa berikan kebaikan dalam hidupnya.

Kurban secara bahasa memiliki arti melakukan segala sesuatu dengan tujuan mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu wa ta'ala. Melakukan segala sesuatu yang dimaksudkan di sini yaitu menyembelih hewan kurban dan melakukan ibadah.

Baca juga: Buya Yahya Ungkap Hikmah Larangan Memotong Kuku dan Rambut bagi Shohibul Qurban 

Hukum dari melaksanakan ibadah kurban sendiri adalah sunnah muakkad. Dengan melakukan ibadah kurban, seseorang akan mendapat hikmah dalam hidupnya.

Nah, berikut ini 7 hikmah kurban di hari raya Idul Adha bagi umat Islam, sebagaimana telah Okezone himpun.

Info grafis hewan kurban. (Foto: Okezone)

1. Meningkatkan ketakwaan

Hikmah pertama dalam melakukan ibadah kurban adalah meningkatkan ketakwaan diri kepada Allah Subhanahu wa ta'ala. Kurban bukan hanya tentang menyembelih hewan dan membagikannya kepada sesama, tetapi juga sebagai bentuk ketakwaan.

Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman dalam Surat Al Hajj Ayat 37 yang artinya, "Daging-daging unta dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai (keridhaan) Allah, tetapi dari ketakwaan dari kamulah yang dapat mencapainya."

2. Meneladani Nabi Ibrahim

Hikmah dari berkurban sama dengan meneladani kecintaan dan ketaatan Nabi Ibrahim Alaihissallam kepada Allah Subhanahu wa ta'ala saat mendapat perintah menyembelih putranya Nabi Ismail Alaihissallam.

Baca juga: MUI Ungkap Hukum Berkurban atas Nama Orang yang Sudah Meninggal, Bolehkah? 

3. Mendekatkan diri kepada Allah Ta'ala

Berkurban hewan menjadi salah satu bentuk mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu wa ta'ala. Dengan berkurban hewan unta, sapi, atau kambing artinya telah mengerjakan apa yang Allah Ta'ala perintahkan.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

4. Syariat Islam

Berkurban merupakan bagian bagian dari menjalankan syariat Islam. Seperti dalam Surat Al Hajj Ayat 34 yang artinya, "Dan bagi tiap-tiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (kurban), supaya mereka menyebut nama Allah terhadap hewan ternak yang telah direzekikan Allah kepada mereka, maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah)." (QS Al Hajj: 34)

5. Memberi kebahagiaan kepada daum dhuafa

Islam mengajarkan kaum Muslimin untuk saling berbagi kepada sesama. Dengan berbagi hewan sembelihan kepada kaum dhuafa, bisa menyenangkan mereka.

Info grafis ciri-ciri hewan kurban yang tidak sah disembelih. (Foto: Okezone)

6. Menjadi saksi amalan di akhirat kelak

Hewan yang dikurbankan selama di dunia akan menjadi kendaraan di akhirat kelak. Hewan tersebut juga bakal menjadi saksi segala kebaikan di dunia.

Dalam hadis Ibnu Majah, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda yang artinya, "Siapa yang mendapati dirinya dalam keadaan lapang, lalu ia tidak berkurban, maka janganlah ia mendekati tempat sholat kami." (HR Ahmad dan Ibnu Majah)

"Tidak ada amalan yang dikerjakan anak Adam ketika hari (raya) kurban yang lebih dicintai Allah Subhanahu wa ta'ala dari mengalirkan darah. Sesungguhnya pada hari kiamat ia akan datang dengan tanduk-tanduknya, kuku-kukunya dan bulunya. Sesungguhnya darah tersebut akan sampai kepada Allah Subhanahu wa ta'ala sebelum jatuh ke tanah, maka perbaguslah jiwa kalian dengannya." (HR Ibnu Majah)

7. Menjadi ciri keislaman seseorang

Berkurban menandakan bahwa diri menjadi umat Islam yang bertakwa atas perintah Allah Subhanahu wa ta'ala.

Demikian penjelasan mengenai 7 hikmah kurban di hari raya Idul Adha. Wallahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini