Share

Arti Kata Barakallah Beserta Ucapan Balasannya

Ratu Syra Quirinno, Jurnalis · Rabu 13 Juli 2022 09:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 13 616 2628584 arti-kata-barakallah-beserta-ucapan-balasannya-CDnd3ZDagf.jpg Ilustrasi arti ucapan Barakallah. (Foto: Shutterstock)

DALAM kehidupan sehari-hari mungkin sering mendengar kata Barakallah. Namun tahukan apa arti kata Barakallah tersebut? Lalu apa ucapan balasannya?

Penggunaaan istilah Islami dalam kehidupan sehari-hari semakin meningkat. Tidak hanya di kalangan santri dan aktivis dakwah, bahkan juga di semua lapisan masyarakat. Salah satunya mengucapkan kata Barakallah.

Sebagaimana telah MNC Portal himpun, arti Barakallah (بارك الله) yaitu Barakah Allah atau Berkah dari Allah. Karena Ba'-nya panjang, mestinya ditulis Barakallah. Namun karena sudah umum, tidak masalah ditulis latin demikian yang penting tulisan Arab-nya benar.

Para ulama menjelaskan bahwa Barakah (باركة) artinya adalah Bertambahnya Kebaikan. Kata Barakah telah diserap dalam bahasa Indonesia menjadi berkah.

Misalnya ketika ada peristiwa, lalu kebaikan kita bertambah, maka itulah Barakah. Maka itu, salam kepada sesama Muslim adalah mendoakan agar Allah Subhanahu wa ta'ala memberikah keselamatan, rahmat, dan berkah-Nya. 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Kata Barakah banyak didapati dalam Alquran dan hadis. Di antaranya yang paling populer adalah janji Allah Subhanahu wa ta'ala kepada penduduk negeri yang beriman dan bertakwa.

وَلَوْ أَنَّ أَهْلَ الْقُرَى آَمَنُوا وَاتَّقَوْا لَفَتَحْنَا عَلَيْهِمْ بَرَكَاتٍ مِنَ السَّمَاءِ وَالْأَرْضِ

"Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi." (QS Al A'raf: 96)

Ucapan yang tepat sebagai doa untuk orang yang diajak bicara sebenarnya tidaklah cukup dengan Barakallah. Harus ada lanjutannya. Bisa Baarakallaahu Fik (بارك الله فيك) atau Baarakallaahu lak (بارك الله لك).

Adapun jawaban jika mendapat ucapan Barakallah, baik berupa Barakallahu Fik maupun Barakallahu Lak adalah dengan mengaminkan doa tersebut. Misalnya Aamiin atau Aamiin ya Rabb.

Allahu a'lam bisshawab

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini