Share

5 Fakta Menarik Asmaul Husna Jadi Penunjuk Pendakian Gunung Dempo, Bikin Selalu Ingat Allah Ta'ala

Intan Afika Nuur Aziizah, Jurnalis · Rabu 27 Juli 2022 09:09 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 27 614 2636905 5-fakta-menarik-asmaul-husna-jadi-penunjuk-pendakian-gunung-dempo-bikin-selalu-ingat-allah-ta-ala-yH2qlhyX84.png Asmaul Husna jadi penunjuk jalur pendakian Gunung Dempo. (Foto: YouTube Fiersa Besari)

ASMAUL Husna menjadi penunjuk jalur pendakian Gunung Dempo di Sumatera Selatan. Hal tersebut tentu sangat unik bagi para pendaki gunung setinggi 3.142 MDPL ini. Sebab selain menikmati keindahan alam di sana, juga bisa terus melakukan amalan salih dengan mengingat nama-nama terbaik Allah Subhanahu wa ta'ala tersebut.

Nah, ternyata masih banyak fakta unik lainnya dari Asmaul Husna menjadi penunjuk jalur pendakian Gunung Dempo. Apa saja? Berikut ini beberapa di antaranya, sebagaimana telah Okezone himpun.

Baca juga: Unik! Asmaul Husna Jadi Penunjuk Jalan Pendakian Gunung Dempo, Netizen: Takjub Masya Allah  

Asmaul Husna jadi penunjuk pendakian Gunung Dempo. (Foto: YouTube Fiersa Besari)

1. Direkam Fiersa Besari

Adanya papan-papan tulisan 99 Asmaul Husna sebagai penunjuk jalur pendakian Gunung Dempo menjadi lebih diketahui setelah direkam musisi sekaligus pegiat alam Fiersa Besari. Melalui kanal YouTube-nya, ia bersama rekan-rekannya yang sedang mendaki Gunung Dempo merekan setiap tulisan Asmaul Husna yang terpampang.

Fiersa Besar mengabadikan momen pendakian tersebut mulai awal perjalanan persiapan pendakian hingga sampai di puncak Gunung Dempo.

Baca juga: Jadwal Sholat Hari Ini Rabu 27 Juli 2022M/27 Dzulhijjah 1443H 

2. Favorit para pendaki

Gunung Dempo yang berada di Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan, menjadi salah satu favorit para pendaki karena jalur pendakian dengan tingkat kesulitan beragam. Selain itu, gunung ini juga dikenal ramah di kalangan pendaki pemula.

Tidak hanya soal panoramanya yang indah, ada beberapa keunikan lainnya yang menarik perhatian dari Gunung Dempo ini. Para pendaki tidak diarahkan dengan ukuran meter di gunung ini, melainkan dengan papan tulisan Asmaul Husna atau 99 nama terbaik Allah Subhanahu wa ta'ala.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

3. Terdapat kali untuk wudhu

Gunung Dempo sudah memamerkan keunikannya dalam bentuk sebuah kali. Konon, kata pemandu di sana, kali jernih ini digunakan orang-orang zaman dahulu untuk wudhu sebelum mendaki.

"Ini namanya Kali Suren. Konon zaman dulu orang mendaki Dempo harus ambil wudhu dulu, membersihkan badan, biar selamat sampai atas. Dari tahun '60-an sudah tertera di situ," ungkap pemandu pendakian Gunung Dempo, dikutip dari kanal YouTube Fiersa Besar, Rabu (27/7/2022).

Baca juga: Bacaan Dzikir Pagi Hari Ini: Meraih Kebaikan Badan dan Perlindungan dari Segala Keburukan 

4. Miliki pemandangan indah

Gunung Dempo memiliki pemandangan indah. Ada suasana pegunungan teh di jalur awal pendakian, lalu berganti hutan lebat. Di saat inilah nama-nama Asmaul Husna mulai ditemukan pada setiap pepohonan rindang.

"Sepanjang jalur ada 99 Asmaul Husna. Ini kita baru ketemu yang pertama, Ar-Rahman. Nanti ke depan jarak berapa langkah kaki ada lagi yang lain, agar kita selalu mengingat nama-nama baik Allah Subhanahu wa ta'ala," ucap salah satu rekan Fiersa Besari dalam video tersebut.

5. Menuai takjub banyak orang

Tulisan-tulisan Asmaul Husna itu mencuri perhatian banyak orang. Menilik kolom komentar video tersebut, banyak yang takjub sekaligus terkejut dengan keunikan dari Gunung Dempo ini. Bahkan, mereka mengaku hatinya bergetar dengan fakta tersebut.

"Adanya asmaul husna di jalur pendakian menjadi hal yang luar biasa di dunia pendakian," komentar akun Jae****.

"Subhanallah penunjuk jalan yg berbeda dari gunung lain. Asmaul husna," tulis Dul****.

"Takjub Masya Allah Asmaul Husna," ungkap Rio****.

Baca juga: Ajaib! Abu Nawas Bisikkan Sesuatu, Pangeran yang Sakit Keras Langsung Sembuh 

"Keren parah sih, sepanjang jalur ada Asmaul Husna," respons Tau****.

"Luar biasaaa, bergetar euyy hati liat video ini karena Asmaul Husna sepanjang jalan," papar Ase****.

"Auto berpahala tiap langkah tiap meter tiap mpdl selalu ingat Asmaul Husna, mantap Gunung Dempo, Islam itu indah Masya Allah," pungkas Abd****.

Allahu a'lam bisshawab.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini