Share

9 Tips Betah di Pesantren untuk Santri Baru, Salah Satunya Dekat dengan Kiai

Hantoro, Jurnalis · Jum'at 05 Agustus 2022 13:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 05 616 2642581 9-tips-betah-di-pesantren-untuk-santri-baru-salah-satunya-dekat-dengan-kiai-A20eN33EGP.jpg Ilustrasi santri-santri pondok pesantren. (Foto: Dok Okezone)

TIPS betah di pesantren sangat penting diketahui santri-santri baru. Pasalnya, masih ada anak yang mendadak kaget ketika harus meninggalkan rumah dan beralih tinggal di pondok pesantren untuk mengenyam ilmu pendidikan agama Islam.

Sekretaris Rabithah Ma'ahid Islamiyah Nahdlatul Ulama (RMINU) Kabupaten Pringsewu Lampung KH Hizbullah Huda pun memberikan tips betah tinggal di pondok pesantren bagi para santri baru.

Apa saja? Berikut ini 9 di antaranya, sebagaimana dikutip dari nu.or.id:

Baca juga: Surat Yasin Baca di Alquran Digital Okezone: Lengkap 83 Ayat, Teks Arab Latin, Terjemahan 

Info grafis sunah-sunah di hari Jumat. (Foto: Okezone)

1. Menata niat baik dan berpikir positif

Diawali dengan menata niat dengan baik dan berpikir positif (husnuddzan) kepada teman-teman baru, para ustadz, dan semua keluarga besar pondok pesantren.

"Berpikir positif bahwa dengan tinggal di pesantren-pesantren akan baik untuk dirinya," kata ketua Yayasan Pesantren Mathlaul Huda Ambarawa ini, Rabu 27 Juli 2022.

2. Membuka diri adaptasi

Para santri harus membuka diri dan melakukan adaptasi dengan memperbanyak berkenalan dengan teman-teman baru serta mengetahui kondisi lingkungan pesantren. Hindari menutup diri dan suka menyendiri karena akan berimbas negatif terhadap diri sendiri.

Baca juga: Cuma Gosok Balsam ke Gajah, Abu Nawas Dapat Uang Banyak, Menang Banyak! 

3. Jangan melanggar aturan

KH Hizbullah Huda mengatakan, "Jangan melanggar aturan dan paksa diri untuk bisa disiplin mematuhi tata tertib pesantren."

4. Gunakan uang saku dengan bijak

Santri harus memerhatikan kondisi keuangan dan menggunakannya dengan bijak. Hal ini dilalukan dengan mengukur kiriman uang dari orangtua serta menghemat pengeluaran uang jajan alias jangan boros.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

5. Dekat dengan pengurus ponpes dan ustadz

KH Hizbullah Huda menuturkan, "Santri juga sangat perlu untuk bisa dekat dengan minimal satu atau dua pengurus atau ustadz yang tinggal di pondok pesantren. Syukur-syukur dekat dengan kiainya."

6. Jaga kesehatan

Santri harus menjaga kesehatan fisik agar senantiasa sehat. Hal ini bisa dilakukan berupa makan teratur sesuai jadwal, menggunakan alat mandi sendiri dan tidak memakai milik teman, serta rutin berolahraga.

7. Disiplin

Santri baru harus memiliki komitmen disiplin dalam beraktivitas. Mengisi waktu istirahat dan waktu luang dengan kegiatan-kegiatan bermanfaat.

8. Sabar dan ikhlas

Santri juga harus menanamkan prinsip bersabar dan ikhlas menjalani semua kegiatan di pondok pesantren. Kesabaran ini akan menumbuhkan motivasi untuk meningkatkan kepasrahan diri pada Allah Subhanahu wa ta'ala.

9. Selalu berdoa

KH Hizbullah Huda mengimbau, "Selalu berdoa memohon kepada Allah Subhanahu wa ta'ala agar betah, mendoakan teman-temannya yang belum betah agar betah, dan minta didoakan oleh orangtua, kiai, dan saudara-saudaranya agar betah."

Allahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini