Share

Mengenal Masjid Al Qiblatain, Saksi Sejarah Perpindahan Arah Kiblat

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 03 Oktober 2022 12:23 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 03 615 2679474 mengenal-masjid-al-qiblatain-saksi-sejarah-perpindahan-arah-kiblat-0d8DgaNCg1.jpg Masjid Al Qiblatain di Madinah saksi sejarah perindahan arah kiblat sholat umat Islam. (Foto: SPA/Arabnews)

MENGENAL Masjid Al Qiblatain, saksi sejarah perpindahan arah kiblat sholat umat Islam sangat penting dipahami. Informasi ini tentu bisa menambah keimanan kaum Muslimin, selagi mempelajari sejarah penting dalam peradaban Islam di muka bumi.

Tahukah Anda bahwa arah kiblat pertama menuju Yerusalem, Palestina, tepatnya ke arah Masjid Al Aqsa? Ya, kiblat awalnya mengarah ke Masjid Al Aqsa, lalu berubah ke Kakbah di Kota Makkah, Arab Saudi. Perpindahan arah kiblat tersebut terjadi di Masjid Al Qiblatain.

BACA JUGA:Gara-Gara Dapat CD dari Masjid, Bule Amerika Ini Yakin Ucap Syahadat Resmi Masuk Islam 

Masjid Al Qiblatain di Madinah saksi sejarah perindahan arah kiblat sholat umat Islam. (Foto: SPA/Arabnews)

Menurut laporan Islamic Landmarks, Masjid Al Qiblatain secara historis penting bagi umat Islam, karena menjadi lokasi pertama sholat berjamaah dilakukan setelah perubahan arah kiblat.

Di dalam Masjid Al Qiblatain diketahui ada dua mihrab yang menunjukkan arah kiblat. Satu ke arah Masjid Al Aqsa, dan yang satunya menuju Kakbah. Namun, mihrab ke arah Masjid Al Aqsa telah ditutup.

BACA JUGA:Punya Bisnis Sukses, Pria Ini Pilih Jadi Marbot Masjid, Alasannya Bikin Takjub 

Masjid Al Qiblatain yang dikenal juga dengan nama "Masjid Dua Kiblat". Kemudian dibangun oleh Sawad bin Ghanam bin Ka'ab pada tahun ke-2 Hijriah atau tepatnya 623 Masehi.

Masjid Al Qiblatain ini adalah salah satu masjid paling awal dibangun di Kota Madinah. Bagian dalam masjid memiliki desain abad ke-21 yang modern dengan lampu gantung indah ditempatkan di bagian tengah masjid. 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Tempat wudhu untuk jamaah berada di bawah tanah ke arah sudut tenggara. Sedangkan blok di sebelah barat bangunan utama berfungsi sebagai tempat tinggal imam, muadzin, dan juru kunci.

Setiap tahun, ratusan ribu Muslim dari seluruh dunia datang untuk mengunjungi masjid bersejarah ini. Demikian juga dengan lokasi wisata di sekitarnya, termasuk Jannatul Baqi, Masjid Quba, dan Gunung Uhud.

BACA JUGA:Kisah Dosen Bangun Masjid dari Hasil Buku-bukunya, Raih Rekor MURI 

BACA JUGA:Kisah Bule Cantik Berbaju Mini Masuk Masjid dan Ikut Sholat, Akhirnya Mantap Ucap Syahadat 

Demikian informasi seputar mengenal Masjid Al Qiblatain, saksi sejarah perpindahan arah kiblat. Semoga dengan mengetahui hal ini, iman setiap Muslim makin tebal sekaligus bisa mensyiarkan kebaikan kepada sesama umat Islam.

Wallahu a'lam bisshawab

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini