Share

Kisah Mukjizat Nabi Muhammad Membelah Bulan Jadi Dua, Kafir Quraisy Terbengong Melihatnya

Hantoro, Jurnalis · Kamis 06 Oktober 2022 09:26 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 06 330 2681595 kisah-mukjizat-nabi-muhammad-membelah-bulan-jadi-dua-kafir-quraisy-terbengong-melihatnya-z827PLdv5Y.jpg Ilustrasi mukjizat Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam membelah bulan menjadi dua. (Foto: Shutterstock)

INILAH kisah mukjizat Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam yang bisa membelah bulan menjadi dua. Diketahui bahwa Nabi Muhammad adalah nabi yang sangat dicintai Allah Subhanahu wa ta'ala. Begitupun bagi umatnya, Nabi Muhammad adalah suri teladan.

Sangat banyak mukjizat yang diberikan Allah Azza wa Jalla kepada Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam. Salah satunya, beliau dapat membelah bulan.

BACA JUGA:Ini Bacaan serta Keutamaan Memperbanyak Sholawat Nabi di Hari Jumat 

Makin bertambahnya pengikut Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam untuk memeluk Islam membuat orang-orang kafir Quraisy merasa sangat marah. Mereka melakukan berbagai cara untuk membuat kepercayaan para pengikut Nabi Muhammad berkurang.

Orang-orang kafir Quraisy membuat rencana yang sangat tidak masuk akal untuk menyudutkan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam. Salah satunya dengan menantang Nabi untuk melakukan hal yang mustahil guna membuktikan kebenaran kenabiannya. 

Ilustrasi mukjizat Nabi Muhammad membelah bulan menjadi dua. (Foto: Shutterstock)

Suatu ketika mereka menantang Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam di depan umat-umatnya sebagai bentuk kebenaran tentang ajarannya dan kenabiannya.

"Kalau memang engkau adalah seorang nabi, tunjukkanlah satu mukjizat kepada kami. Belahlah bulan purnama yang kini tengah temaram menjadi dua bagian. Letakkan yang sebelah di atas bukit Abu Qubais, dan letakkan yang sebelahnya lagi di atas bukit Qaiqa'an (dua bukit di Makkah)."

BACA JUGA:Malam Jumat Sunnah Baca Surat Al-Kahfi, Buka di Alquran Digital Okezone Lengkap Teks Arab, Latin, Artinya 

Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam pun langsung menanggapi tantangan itu, "Jika aku sanggup menjawab tantangan kalian, apakah kalian akan percaya jika aku memang diutus oleh Allah untuk menunjukkan jalan kebenaran pada kalian?"

Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam lalu berdoa memohon kepada Allah Subhanahu wa ta'ala untuk menjawab tantangan dari orang-orang kafir Quraisy. 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Dengan izin Allah, Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam menunjukkan kebenarannya. Bulan purnama itu terbelah menjadi dua bagian dan diletakkan oleh Nabi tepat di atas kedua bukit yang diminta para kafir Quraisy.

Sontak mereka hanya terbengong dan heran dengan mukjizat yang diberikan Allah Subhanahu wa ta'ala untuk Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam. Orang-orang kafir Quraisy hanya terdiam melihatnya.

Kemudian Nabi Muhammad berkata, "Saksikanlah, saksikanlah, saksikanlah."

Sebagian kafir Quraisy pun masih tetap mau menyudutkan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam walaupun sudah dibuktikan oleh Nabi dengan mukjizatnya. Mereka sama sekali tidak percaya dengan kejadian yang dilihatnya.

"Ini Sihir! Iya, ini Sihir!" kata sebagian orang-orang kafir Quraisy.

Keesokan harinya para kaum kafir Quraisy masih ingin membuktikan kebenaran yang mereka bilang sihir itu dengan menanyakan para musafir. Sebab menurut ahli sihir, ketika itu sihir hanya tampak di depan mata yang melihatnya tetapi tidak terlihat di tempat lain.

Ketika ada musafir yang datang para kafir Quraisy pun menanyakan kepada mereka. Benar saja, para musafir juga bersaksi melihat kejadian bulan yang terbelah itu. 

Dari kejadian itu Allah Azza wa Jalla menurunkan ayat Alquran: "Sungguh, telah dekat hari kiamat, dan telah terbelah bulan, dan ketika melihat tanda-tanda kebesaran Kami, mereka pun ingkar lagi berpaling seraya berkata, 'Ini adalah sihir yang terus-menerus', dan mereka mendustakannya, bahkan mengikuti hawa nafsu mereka. Dan setiap urusan benar-benar telah tetap." (QS Al Qomar 54: 1–2)

Lalu dalam suatu hadis juga dijelaskan, "Dari Abdullah berkata bahwa bulan terbelah menjadi dua bagian di zaman Rasulullah, kemudian Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda, 'Saksikanlah'." (HR Muslim: 7249)

Mukjizat yang Allah Subhanahu wa ta'ala berikan kepada Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam ini adalah sebuah kisah yang patut diketahui umat Islam.

Semoga semua bisa menjadi umat yang baik sebagaimana banyak kebaikan yang dicontohkan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam.

Wallahu a'lam bisshawab. 

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini