Share

Musibah Tembok Roboh MTsN 19, Menag: Segera Renovasi, Tidak Boleh Lagi Ditunda

Hantoro, Jurnalis · Senin 10 Oktober 2022 09:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 10 614 2683817 musibah-tembok-roboh-mtsn-19-menag-segera-renovasi-tidak-boleh-lagi-ditunda-8pTFRGywWu.jpg Menag Yaqut Cholil Qoumas memastikan segera dilakukan renovasi Gedung MTsN 19 Pondok Labu. (Foto: Kemenag.go.id)

MENTERI Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengatakan pihaknya segera merenovasi Gedung Madrasah Tsanawiyah Negeri atau MTsN 19 Pondok Labu, Jakarta Selatan. Hal ini dilakukan setelah terjadi musibah tembok di sana yang menyebabkan korban jiwa dan luka-luka.

Menurut Menag, proses renovasi itu harus segera dilakukan dan tidak boleh ditunda. "Hari ini akan kita mulai prosesnya. Tidak boleh lagi ditunda agar anak-anak segera belajar," ucapnya saat meninjau kondisi MTsN 19, Jumat 7 Oktober 2022, dikutip dari Kemenag.go.id.

BACA JUGA:Musibah Tembok Roboh MTsN 19, Kemenag Beri Santunan untuk Para Korban 

 

Musibah ini terjadi ketika hujan deras turun di kawasan Pondok Labu pada 6 Oktober 2022. Hujan yang berlangsung sekira 20 menit itu menyebabkan Gedung MTsN 19 Jakarta Selatan teredam banjir.

Bahkan, ada tembok pembatas yang jebol dan roboh hingga menimbulkan tiga korban jiwa dan dua siswa dirawat di rumah sakit.

Menag melihat banjir yang melanda MTsN 19 tidak terjadi begitu saja. Ada faktor teknis yang menyebabkan musibah ini terjadi.

BACA JUGA:Jadwal Sholat Awal Pekan Ini Senin 10 Oktober 2022M/14 Rabiul Awal 1444H 

"Misalnya, posisi madrasah yang berada di cekungan. Sehingga ketika ada air besar, tempat ini menjadi tujuan air. Karena di bawah, maka tembok ini roboh karena tidak bisa menahan laju arus air," ungkapnya.

"Saya sudah minta jajaran Kemenag untuk ambil tindakan. Ini memerlukan arsitek khusus untuk membangun kembali gedung madrasah yang berada di lokasi seperti ini. Dan mudah-mudahan dalam waktu dekat kira kerjakan," imbuhnya. 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Menag berharap kejadian ini menjadi yang terakhir. Ia meminta seluruh jajaran Kemenag melakukan investigasi terhadap bangunan yang ada di bawah naungannya.

"Jajaran Kemenag sudah bikin tim. Setelah Sholat Jumat ini mereka akan rapat pertama kali untuk menindaklanjuti," paparnya.

Menag juga memastikan proses belajar mengajar siswa MTsN 19 bisa segera dilakukan lagi. Ia menyatakan sudah mengoordinasikan hal ini dengan MAN 11 Jakarta, madrasah yang paling dekat dengan lokasi musibah.

BACA JUGA: Pentingnya Berprasangka Baik kepada Allah Ta'ala saat Menghadapi Musibah 

BACA JUGA:Hikmah di Balik Musibah, Tolak Ukur Menguji Kesabaran Orang Beriman 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini