Share

Resmi Dibuka, MTQ Nasional 2022 Diikuti 1.676 Peserta, Termasuk Disabilitas Tunanetra

Hantoro, Jurnalis · Kamis 13 Oktober 2022 08:23 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 13 614 2686111 resmi-dibuka-mtq-nasional-2022-diikuti-1-676-peserta-termasuk-disabilitas-tunanetra-1Zxlou8jvM.jpg MTQ Nasional 2022 di Kalimantan Selatan resmi dibuka. (Foto: Kemenag.go.id)

MUSABAQAH Tilawatil Quran atau MTQ Nasional XXIX/2022 resmi dibuka. Kegiatan yang tahun ini diadakan di Provinsi Kalimantan Selatan tersebut secara resmi dibuka oleh Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin pada Rabu 12 Oktober malam.

Acara pembukaan MTQ Nasional yang digelar setiap dua tahunan ini dilaksanakan dengan kemilau cahaya dan pergelaran seni budaya di Astaka Utama Kiram Park, Kabupaten Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan.

BACA JUGA:Luar Biasa! Hafiz Indonesia Juara 1 MTQ Internasional di Maroko 

Prosesi pembukaan MTQN Nasional 2022 ditandai pemukulan beduk oleh Wapres KH Ma'ruf Amin didampingi Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dan Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor.

"MTQ Nasional ke-29 diikuti sebanyak 1.676 peserta dari 34 provinsi dan 135 dewan hakim," ungkap Menag ketika memberi sambutan, Rabu 12 Oktober 2022, dikutip dari Kemenag.go.id

MTQ Nasional 2022 di Kalimantan Selatan resmi dibuka. (Foto: Kemenag.go.id)

Ia menerangkan, MTQ Nasional 2022 juga diikuti peserta dari kelompok disabilitas tunanetra. Mereka berlomba dengan kemampuan tilawah yang sangat merata.

"Di tengah keterbatasan, mereka hadir memberi inspirasi bagi seluruh negeri, untuk terus optimis menyongsong hari esok dan menjalani kehidupan dengan penuh semangat," jelas Menag.

BACA JUGA:Juara 1 MTQ Internasional, Hafiz Indonesia Diundang Raja Maroko Peringati Maulid Nabi 

Para peserta MTQ Nasional XXIX telah melewati tahapan pendaftaran dan verifikasi yang sangat ketat, khususnya dalam memastikan dokumen kependudukan sebagai syarat mewakili daerahnya masing-masing.

Menag menerangkan, pihaknya sejak 2016 telah menerapkan sistem yang transparansi dalam penetapan peserta. Hal ini bertujuan agar terjadi pemerataan SDM dan tidak terjadi "transfer" peserta secara ilegal. 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

MTQ Nasional 2022 mementaskan 8 cabang musabaqah dengan 23 golongan. Cabang-cabang tersebut diperlombakan dengan pengawasan para dewan hakim utusan dari seluruh daerah di Indonesia.

"Para dewan hakim ini selain mendapatkan pembinaan, juga melewati seleksi yang cukup ketat, bertujuan agar terjaring para dewan hakim yang cakap secara keilmuan dan moralitas," paparnya.

BACA JUGA:Bacaan Lengkap Surat Al Kahfi Ayat 1-110, Sunnah Diamalkan Setiap Malam Jumat 

BACA JUGA:8 Sunnah di Hari Jumat: Baca Surat Al Kahfi hingga Larangan ketika Menyimak Khotbah 

Menag menilai MTQ Nasional ke-29 sangat spesial. Sebab, MTQ ini diselenggarakan setelah melewati masa pandemi covid-19 yang cukup berat.

"Pada tahun 2020, kita menyelenggarakan MTQ Nasional ke-28 di tengah kondisi yang sangat ketat akibat wabah covid 19. Saat itu ada beberapa perangkat MTQ Nasional yang wafat, semoga Allah Subhanahu wa ta'ala menempatkannya di tempat terbaik," ucap Menag.

"Hari ini dengan tetap menjaga protokol kesehatan, kita bersama-sama memeriahkan syiar Alquran dari Kota Seribu Sungai," pungkasnya. 

1
2
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini