Share

Kisah Sahabat Nabi Selamat dari Racun Wanita Musyrik Berkat Bacaan Alquran

Melati Septyana Pratiwi, Jurnalis · Rabu 19 Oktober 2022 16:39 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 19 614 2690278 kisah-sahabat-nabi-selamat-dari-racun-wanita-musyrik-berkat-bacaan-alquran-CsT5cQhLnQ.jpg Ilustrasi kisah sahabat Nabi selamat dari racun wanita musyrik berkat bacaan Alquran. (Foto: Pexels)

KISAH-kisah ketaatan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala sangat menarik diketahui. Tapi selain Rasulullah, kisah para sahabat juga sayang untuk dilewatkan.

Misalnya saja cerita seorang sahabat Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam yang begitu gemar membaca ayat suci Alquran. Salah satu ayat yang biasa dilantunkan adalah Surat Al Isra Ayat 7.

اِنْ اَحْسَنْتُمْ اَحْسَنْتُمْ لِاَنْفُسِكُمْ ۗوَاِنْ اَسَأْتُمْ فَلَهَاۗ فَاِذَا جَاۤءَ وَعْدُ الْاٰخِرَةِ لِيَسٗۤـُٔوْا وُجُوْهَكُمْ وَلِيَدْخُلُوا الْمَسْجِدَ كَمَا دَخَلُوْهُ اَوَّلَ مَرَّةٍ وَّلِيُتَبِّرُوْا مَا عَلَوْا تَتْبِيْرًا

Artinya: "Jika kamu berbuat baik (berarti) kamu berbuat baik untuk dirimu sendiri. Dan jika kamu berbuat jahat, maka (kerugian kejahatan) itu untuk dirimu sendiri. Apabila datang saat hukuman (kejahatan) yang kedua, (Kami bangkitkan musuhmu) untuk menyuramkan wajahmu lalu mereka masuk ke dalam masjid (Masjidil Aqsa), sebagaimana ketika mereka memasukinya pertama kali dan mereka membinasakan apa saja yang mereka kuasai." (QS Al Isra: 7)

Baca juga: Viral Qori Meninggal saat Lantunkan Ayat Suci Alquran, Netizen: Indah Sekali Cara Beliau Dipanggil Pulang oleh-Mu 

Info grafis keutamaan membaca Surat Al Kahfi. (Foto: Okezone)

Baca juga: Kerjai Balik Jin Usil, Abu Nawas Dapat Hadiah Istri Cantik 

Meskipun lantunan ayat Alquran begitu indah didengar, hal ini tidak berlaku bagi seorang wanita musyrik. Dia sangat membenci ayat Alquran yang kerap dibacakan sahabat Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam.

Sampai-sampai wanita itu berniat mencelakakan sahabat Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam dengan menggunakan racun. Sebuah manisan bercampur racun diberikan kepada sahabat Nabi.

Setelah manisan diterima, sahabat Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam itu tidak langsung menyantapnya, melainkan membawanya sebagai bekal perjalanan. Ketika tiba di tengah gurun pasir, sahabat melihat ada dua pemuda yang kelelahan.

Tanpa ragu, sahabat Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam menawarkan manisan dari wanita musyrik. Dua pemuda itu pun menerima dengan senang hati dan segera memakan manisan.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Sayangnya, manisan bercampur racun tersebut segera bereaksi. Akibat menyantapnya, dua pemuda tadi terjatuh dan langsung meninggal dunia.

Mulanya penduduk Kota Madinah mengira bahwa sahabt Nabi itu merupakan pelaku pembunuhan. Hingga akhirnya Rasullullah Shallallahu alaihi wassallam turun tangan menanyakan asal-muasal manisan yang dibawa.

Baca juga: Jadwal Sholat Hari Ini Rabu 19 Oktober 2022M/23 Rabiul Awal 1444H 

"Aku memperolehnya dari seorang wanita," kata sahabat Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam tersebut.

Mendengar jawaban itu, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam pun ingin agar wanita tersebut datang. Satu hal yang mengejutkan, dua pemuda tewas usai meminum manisan tidak lain adalah anak kandung si wanita musyrik.

Setelah mendapati kenyataan pahit, wanita musyrik itu pun tersadar bahwa kata-kata dalam ayat Alquran Surat Al Isra Ayat 7 memang benar adanya.

Baca juga: Cerita Ngeri Pembina Mualaf Koh Steven Antar Jemput Wanita Penghibur demi Dakwah 

"Aku sadar bahwa meninggalnya kedua putraku sebagai akibat dari apa yang telah aku lakukan adalah bukti kebenaran ayat tersebut," tuturnya.

Ya, siapa pun yang melakukan perbuatan buruk, maka petaka akan kembali kepada si pelaku. Wallahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini