Share

Kisah Nabi Ayyub Tetap Sabar dan Beriman meski Ditimpa Ujian Sangat Berat

Ratu Syra Quirinno, Jurnalis · Senin 31 Oktober 2022 18:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 31 614 2698089 kisah-nabi-ayyub-tetap-sabar-dan-beriman-meski-ditimpa-ujian-sangat-berat-wQvetOMwrX.jpg Ilustrasi kisah Nabi Ayyub Alaihissallam yang sabar dan beriman meski ditimpa ujian sangat berat. (Foto: YouTube Tafakkur Fiddin)

NABI Ayyub Alaihissallam merupakan nabi yang terkenal dengan kesabarannya. Meski telah diberi ujian berat, Nabi Ayyub tetap sabar dan beriman kepada Allah Subhanahu wa ta'ala.

Dikutip dari kanal YouTube Tafakkur Fiddin, Surat Al Anbiya Ayat 83–84 menceritakan kisah Nabi Ayyub Alaihissallam yang ditimpa suatu penyakit berat dan berkepanjangan. Sampai akhirnya dia berdoa memohon pertolongan Allah Subhanahu wa ta'ala untuk melenyapkan penyakit itu, karena dia yakin Allah Maha Penyayang.

BACA JUGA:Alasan Kenapa Maulid Nabi Dirayakan di Indonesia, tapi Dilarang di Arab Saudi? 

Dikisahkan awalnya hidup Nabi Ayyub Alaihissallam berjalan hampir sempurna. Dia dikaruniai harta yang berlimpah, keturunan baik, dan akhlak yang mulia.

Begitu banyak pujian kepada Nabi Ayyub Alaihissallam hingga membuat iblis cemburu kepadanya. Lalu menyangka Nabi Ayyub taat kepada Allah Subhanahu wa ta'ala hanya karena memberikan nikmat yang banyak.

Namun kemudian Allah Azza wa Jalla menguji Nabi Ayyub Alaihissallam dengan berbagai cobaan yang berat. Allah Ta'ala mengambil semua nikmat yang dimiliki Nabi Ayyub, bahkan dia diberi penyakit kulit parah, juga mengizinkan iblis untuk menghasut Nabi Ayyub. 

Info grafis sholawat Nabi. (Foto: Okezone)

Nabi Ayyub Alaihissallam yang tadinya memiliki kekayaan berlimpah, seketika bangkrut. Satu-satu anak Nabi Ayyub meninggal dunia. Tubuh Nabi Ayyub terserang penyakit yang tampak menjijikan dan belum ada obatnya.

Orang-orang yang tadinya mengagumi Nabi Ayyub Alaihissallam mendadak pergi meninggalkanya. Hanya ada sang istri dan dua sahabat yang menjaga serta merawatnya. Nabi Ayyub mendapat ujian tersebut selama 18 tahun.

BACA JUGA:Kisah Sahabat Nabi, Belum Pernah Sholat Tapi Masuk Surga 

Sebagaimana Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam pernah bersabda yang diriwayatkan oleh Anas bin Malik tentang berapa lama Nabi Ayyub Alaihissallam menjalani ujian ini:

"Sesungguhnya Nabiyullah Ayyub ‘Alaihissalam berada dalam ujiannya selama 18 tahun. Baik keluarga dekat maupun keluarga jauh menolaknya, kecuali dua orang laki-laki dari saudara-saudaranya. Kedua saudara itulah yang selalu memberinya makan dan menemuinya." 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Meski begitu, Nabi Ayyub Alaihissallam tetap bersabar menghadapi cobaan. Dia terus meminta berdoa kepada Allah Subhanahu wa ta'ala agar diberi kesembuhan seperti termaktub dalam Surat Al Anbiya Ayat 83 yang artinya:

"(Ya Tuhanku) sesungguhnya aku telah ditimpa penyakit dan Engkau adalah Tuhan Yang Maha Penyayang di antara semua penyayang."

Kemudian Allah Subhanahu wa ta'ala pun melenyapkan penyakit yang ada pada Nabi Ayyub Alaihissallam dan melipatgandakan bilangan mereka sebagai suatu rahmat dari Allah Ta'ala dan menjadi peringatan bagi semua yang menyembah-Nya dan Allah Ta'ala pun mengabulkan doa Nabi Ayyub.

Allah Subhanahu wa ta'ala memerintahkan Nabi Ayyub Alaihissallam mengentakkan kaki ke tanah lalu muncullah air dari situ. Kemudian Nabi Ayyub menggunakan air itu untuk minum dan mandi.

Atas kuasa Allah Subhanahu wa ta'ala, Nabi Ayyub Alaihissallam sembuh. Badannya yang digerogoti penyakit dan menua berubah menjadi segar bugar seperti sebelum sakit.

Allah Subhanahu wa ta'ala juga kembali memberikan nikmat yang besar kepada Nabi Ayyub Alaihissallam. Wallahu a'lam bisshawab

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini