Share

Kisah Hijrah Pengusaha Untung Putro Bebas dari Riba dan Utang Miliaran Gara-Gara Dulu Punya 12 Kartu Kredit

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 17 November 2022 09:17 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 17 621 2709143 kisah-hijrah-pengusaha-untung-putro-bebas-dari-riba-dan-utang-miliaran-gara-gara-dulu-punya-12-kartu-kredit-1tA2ouxRDr.jpg Kisah hijrah pengusaha Untung Putro. (Foto: YouTube Kasisolusi)

UNTUNG Putro, salah seorang pengusaha sukses Indonesia, menceritakan kisahnya saat bisa bebas dari jeratan dosa riba. Kala itu ia memiliki 12 kartu kredit, utang kepada sejumlah teman, hingga membuatnya harus menanggung utang piutang mencapai Rp1,7 miliar.

Awalnya Untung Putro bekerja di salah satu perusahaan BUMN. Saat itulah ia diperkenalkan dengan kartu kredit yang mulanya digunakan untuk keperluan dinas luar kota.

BACA JUGA:Jadwal Sholat Hari Ini Kamis 17 November 2022M/22 Rabiul Akhir 1444H 

"Dikasih kartu kredit. Nanti bayar apa pun saat dinas pakai itu. Terus di-reimburse," ujar Untung Putro, dikutip dari kanal YouTube Kasisolusi, Kamis (17/11/2022).

Lama-kelamaan Untung menggunakan kartu kredit itu untuk berwirausaha. Ia merasa hasil penjualannya menguntungkan, bisa membayar angsuran beserta bunga kartu kredit tersebut. 

Kisah hijrah pengusaha Untung Putro. (Foto: YouTube Kasisolusi)

Lalu perlahan selama kurun waktu 3 tahun, ia memiliki 12 kartu kredit, karena tergoda dan dipermudah proses pengajuannya oleh pihak bank. Hal ini dikarenakan ia bekerja di BUMN yang notabenenya semua bank sangat bersemangat memiliki nasabah karyawan yang bekerja di perusahaan milik negara itu.

"Jadi bank-bank ngasih kartu kredit secara cuma-cuma tanpa survei. Dari 12 kartu kredit, per kartunya limitnya bisa sampai Rp80 juta," beber Untung.

BACA JUGA:Apa Itu Sholat Wustha? Ini Penjelasan Beserta Keutamaannya 

Hingga akhirnya Untung merasa terus terlena dengan penggunaan semua kartu kredit itu. Meski begitu, ia merasa aneh karena masih harus mencari pinjaman uang lainnya kepada sejumlah temannya untuk menutupi semua pembayaran kartu kreditnya itu.

Sadar terjebak dan mulai mengenal dosa riba, Untung perlahan-lahan mulai meninggalkan semua kartu kredit itu. Meskipun sudah terlepas, ternyata ia masih harus membayar biaya bulanannya. Kemudian mengangsur semua utang kepada teman-temannya yang jumlahnya sangat besar. 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Akhirnya Untung Putro bisa keluar dari jeratan utangnya itu. Bahkan kini dirinya menjadi salah seorang pegiat "Anti-Riba". Ia mengedukasi setiap orang agar lebih jeli sehingga terhindar dari dosa riba yang akan membuat makin kesulitan dan banyak utang.

Sementara itu di dalam Alquran sendiri sudah jelas diterangkan akan bahaya riba. Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman:

الَّذِينَ يَأْكُلُونَ الرِّبَا لا يَقُومُونَ إِلا كَمَا يَقُومُ الَّذِي يَتَخَبَّطُهُ الشَّيْطَانُ مِنَ الْمَسِّ ذَلِكَ بِأَنَّهُمْ قَالُوا إِنَّمَا الْبَيْعُ مِثْلُ الرِّبَا وَأَحَلَّ اللَّهُ الْبَيْعَ وَحَرَّمَ الرِّبَا فَمَنْ جَاءَهُ مَوْعِظَةٌ مِنْ رَبِّهِ فَانْتَهَى فَلَهُ مَا سَلَفَ وَأَمْرُهُ إِلَى اللَّهِ وَمَنْ عَادَ فَأُولَئِكَ أَصْحَابُ النَّارِ هُمْ فِيهَا خَالِدُونَ

Artinya: "Orang-orang yang makan (mengambil) riba tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan syaitan lantaran (tekanan) penyakit gila. Keadaan mereka yang demikian itu, disebabkan mereka berkata (berpendapat): Sesungguhnya jual beli itu sama dengan riba, padahal Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba.

Orang-orang yang telah sampai kepadanya larangan dari Tuhannya, lalu terus berhenti (dari mengambil riba), maka baginya apa yang telah diambilnya dahulu (sebelum datang larangan); dan urusannya (terserah) kepada Allah. Orang yang kembali (mengambil riba), maka orang itu adalah penghuni-penghuni neraka, mereka kekal di dalamnya." (QS Al Baqarah (2): 275)

Wallahu a'lam bisshawab

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini