Share

Apa Itu Sholat Wustha? Ini Penjelasan Beserta Keutamaannya

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 17 November 2022 08:17 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 16 330 2709023 apa-itu-sholat-wustha-ini-penjelasan-beserta-keutamaannya-Rnq3LUQb3V.jpg Ilustrasi sholat wustha. (Foto: Pexels)

SHOLAT wustha atau disebut juga sebagai ashar. Ini merupakan salah satu sholat yang wajib dilaksanakan selain Subuh, Dzuhur, Magrib, dan Isya. Bahkan Allah Subhanahu wa ta'ala jelas-jelas memerintahkan agar umat Islam menunaikannya setiap hari.

Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman:

حَافِظُوا عَلَى الصَّلَوَاتِ وَالصَّلاةِ الْوُسْطَى وَقُومُوا لِلَّهِ قَانِتِينَ (238) فَإِنْ خِفْتُمْ فَرِجَالا أَوْ رُكْبَانًا فَإِذَا أَمِنْتُمْ فَاذْكُرُوا اللَّهَ كَمَا عَلَّمَكُمْ مَا لَمْ تَكُونُوا تَعْلَمُونَ

Artinya: "Peliharalah semua sholatmu dan (peliharalah) sholat wustha. Berdirilah untuk Allah (dalam sholatmu) dengan khusyuk. Jika kalian dalam keadaan takut (bahaya), maka sholatlah sambil berjalan atau berkendaraan. Kemudian apabila kalian telah aman, maka sebutlah Allah (sholatlah), sebagaimana Allah telah mengajarkan kepada kalian apa yang belum kalian ketahui." (QS Al Baqarah: 238–239)

BACA JUGA:7 Fakta Menarik IQ Bocah Muslim Yusuf Shah Kalahkan Albert Einstein, Terungkap Cara Belajarnya 

 

Ustadz Dr Khalid Basalamah Lc MA mengatakan, dari lima waktu sholat yang diwajibkan, di antaranya ada satu yang paling utama yaitu Sholat Ashar.

"Sholat yang paling afdhal adalah Sholat Ashar. Paling besar pahalanya," ujar Ustadz Khalid Basalamah seperti dikutip dari kanal YouTube Menara Islam.

Namun tahukah Anda, jika lalai atau bahkan sampai meninggalkan sholat wustha akibatnya sangat fatal? Bahkan, Ibnu Katsir dalam kitab tafsirnya menjelaskan bahwa waktu sholat satu ini memiliki kedudukan yang sangat tinggi.

Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam pernah menyampaikan kepada para sahabatnya, barang siapa yang sengaja meninggalkan sholat wustha maka akan terhapuslah semua amalannya.

BACA JUGA:Megah dan Indah, Masjid Sheikh Zayed Jadi Ikon Baru Kota Solo 

Selain itu termaktub juga di dalam kitab sahih pula dari hadits Al-Auza'i, dari Yahya ibnu Abu Kasir, dari Abu Qilabah, dari Abu Kasir, dari Abul Mujahir, dari Buraidah ibnul Hasib, dari Nabi Shallallahu alaihi wassallam, disebutkan seperti berikut, bahwa Nabi Shallallahu alaihi wassallam pernah bersabda:

بَكِّرُوا بِالصَّلَاةِ فِي يَوْمِ الْغَيْمِ، فَإِنَّهُ مَنْ تَرَكَ صَلَاةَ الْعَصْرِ، فَقَدْ حَبِطَ عَمَلُهُ

Artinya: "Bersegeralah dalam melakukan sholat (yakni di awal waktunya) pada hari yang berawan; karena sesungguhnya barang siapa yang meninggalkan Sholat Ashar, niscaya amal perbuatannya dihapuskan." 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Kemudian dalam riwayat hadits lainnya menyebutkan tentang bahaya meninggalkan Sholat Ashar. Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam sangat tidak menyukai apabila ada umatnya yang melakukan hal itu. Beliau bersabda:

شَغَلُونَا عَنِ الصَّلَاةِ الْوُسْطَى صَلَاةِ الْعَصْرِ، مَلَأَ اللَّهُ قُبُورَهُمْ وَأَجْوَافَهُمْ -أَوْ بُيُوتَهُمْ –نَارًا

Artinya: "Mereka menyibukkan kami dari sholat wustha, yaitu Sholat Asar. Semoga Allah memenuhi kubur mereka dan perut mereka atau rumah mereka dengan api." (Hadis ini diriwayatkan pula oleh Ibnu Jarir, dari Bandar, dari Ibnu Mahdi dengan lafaz yang sama)

Wallahu a'lam bishawab

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini