Share

Mengetahui Sejarah Qatar, Negara Islam Kaya Raya Tuan Rumah Piala Dunia 2022

Nurul Amanah, Jurnalis · Senin 21 November 2022 12:21 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 21 614 2711598 mengetahui-sejarah-qatar-negara-islam-kaya-raya-tuan-rumah-piala-dunia-2022-H2Y0bL17GC.jpg Ilustrasi sejarah negara Qatar tuan rumah Piala Dunia 2022. (Foto: Hamad I Mohammed/Reuters)

NEGARA Qatar terus menjadi perbicangan, khususnya bagi pencinta sepakbola di seluruh penjuru dunia. Pasalnya, Qatar terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022.

Qatar juga menjadi negara Timur Tengah pertama yang didaulat sebagai tuan rumah pergelaran akbar empat tahunan Piala Dunia.

BACA JUGA:Jumlah Muslim di Qatar, Negara Islam Tuan Rumah Piala Dunia 2022 

Piala Dunia 2022 Qatar. (Foto: Qatar2022.qa)

Sejarah negara Qatar pun turut menjadi perhatian publik. Lantas, seperti apa sejarah negara yang dikenal sebagai penghasil minyak bumi terbesar di dunia ini? Simak ulasannya berikut ini, sebagaimana telah Okezone himpun.

Melewati sejarah panjang, Qatar mendeklarasikan kemerdekaan pada 3 September 1971. Perjanjian sebelumnya dengan Inggris diganti dengan perjanjian persahabatan. Pada bulan yang sama, Qatar menjadi anggota Liga Arab dan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

BACA JUGA:Barakallah! Alquran Surat Al Hujurat Ayat 13 Jadi Pembuka Piala Dunia 2022 Qatar 

Selama tahun 1990-an, Qatar setuju mengizinkan pasukan militer Amerika Serikat menempatkan peralatan di beberapa lokasi di seluruh negerinya dan memberi mereka penggunaan lapangan terbang Qatar selama operasi AS di Afghanistan pada tahun 2001.

Perjanjian ini diresmikan pada akhir tahun 2002, dan Qatar menjadi markas besar Amerika serta operasi militer sekutu di Irak pada tahun berikutnya. 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Meningkatnya permintaan gas alam mendorong ekonomi ke ketinggian baru dalam dekade pertama abad ke-21 dan menyediakan dana bagi upaya Qatar untuk mengangkat dirinya dari ketidakjelasan relatif ke posisi yang lebih menonjol di Timur Tengah.

Pemerintah Qatar banyak berinvestasi dalam pembangunan dengan fokus khusus pada proyek budaya bergengsi, termasuk museum dan kampus ekstensi untuk universitas asing. Qatar juga berusaha menumbuhkan reputasi keterbukaan dan kemandirian politik.

Bukan rahasia umum jika Qatar dikenal sebagai penghasil minyak terbesar di dunia. Sejarah juga mencatat bahwa mampu bangkit dari kemiskinan berkat minyak bumi.

Minyak bumi dan gas alam di Qatar memang menjadi salah satu kuncian perekonomian. Tercatat, cadangan minyak mencapai 15 miliar barel dan gas alam lebih dari 7.000 m3 sehingga menjadikan Qatar sebagai pengekspor minyak bumi terbesar di dunia.

Wallahu a'lam bisshawab. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini