Share

Barakallah! Alquran Surat Al Hujurat Ayat 13 Jadi Pembuka Piala Dunia 2022 Qatar

Fini Nola Rachmawati, Jurnalis · Senin 21 November 2022 09:49 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 21 614 2711478 barakallah-alquran-surat-al-hujurat-ayat-13-jadi-pembuka-piala-dunia-2022-qatar-h0QF3y6iBS.jpg Hafidz Ghanim Al Muftah membacakan ayat suci Alquran Surat Al Hujurat Ayat 13 saat pembukaan Piala Dunia 2022 Qatar. (Foto: Instagram @iamyedoo)

KOMPETISI Piala Dunia 2022 Qatar telah resmi dibuka pada hari Ahad 20 November 2022 Masehi/25 Rabiul Akhir 1444 Hijriah. Uniknya, pembukaan gelaran akbar empat tahunan ini dilakukan dengan pembacaan ayat suci Alquran Surat Al Hujurat Ayat 13.

Opening ceremony Piala Dunia 2022 Qatar berlangsung di Stadion Al Bayt di Kota Al Khor. Acara ini dimulai dengan lantunan ayat suci Alquran yang dibacakan oleh hafidz penyandang disabilitas bernama Ghanim Al Muftah.

Ia didampingi oleh aktor ternama dunia Morgan Freeman. Mereka melakukan teatrikal pembukaan Piala Dunia 2022 Qatar di tengah lapangan stadion. Terdapat juga penampilan tarian khas Timur Tengah dari ratusan orang.

BACA JUGA:Jadwal Sholat Awal Pekan Ini Senin 21 November 2022M/26 Rabiul Akhir 1444H 

Hafidz Quran Ghanim Al Muftah membuka Piala Dunia 2022 dengan bacaan ayat suci Alquran. (Foto: Instagram @muslimfootballersofficial)

BACA JUGA:Stadion Al Thumama, Venue Piala Dunia 2022 Qatar yang Diresmikan dengan Pembacaan Alquran 

Adapun isi ayat suci Alquran Surat Al Hujurat Ayat 13 adalah:

يٰۤاَيُّهَا النَّاسُ اِنَّا خَلَقۡنٰكُمۡ مِّنۡ ذَكَرٍ وَّاُنۡثٰى وَجَعَلۡنٰكُمۡ شُعُوۡبًا وَّقَبَآٮِٕلَ لِتَعَارَفُوۡا ؕ اِنَّ اَكۡرَمَكُمۡ عِنۡدَ اللّٰهِ اَ تۡقٰٮكُمۡ ؕ اِنَّ اللّٰهَ عَلِيۡمٌ خَبِيۡرٌ

Artinya: "Wahai manusia! Sungguh, Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, kemudian Kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal. Sesungguhnya yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa. Sungguh, Allah Maha Mengetahui, Mahateliti." (QS Al Hujurat (49): 13) 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Sebelumnya Qatar juga meresmikan Stadion Al Thumama yang menjadi venue Piala Dunia 2022 Qatar dengan pembacaan ayat-ayat suci Alquran. Tampak sejumlah anak beserta ulama duduk di tengah rumput lapangan stadion dan membacakan Surat Ar-Rahman.

"Beginilah cara Qatar memasukkan budaya Islam-nya pada peresmian Stadion Piala Dunia Al Thumama. Anak-anak terlihat membacakan ayat-ayat tentang 'rahmat' dari Alquran," jelas keterangan video yang diunggah akun Facebook Doha News.

Stadion Al Thumama memiliki desain seperti gahfiya, topi tenun tradisional Timur Tengah. Gahfiya menjadi lapisan mendasar dari pakaian tradisional daerah tersebut. Itu juga merupakan simbol martabat dan kemerdekaan.

Wallahu a'lam bisshawab

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini