Share

Stadion Al Thumama, Venue Piala Dunia 2022 Qatar yang Diresmikan dengan Pembacaan Alquran

Hantoro, Jurnalis · Sabtu 19 November 2022 09:19 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 19 614 2710621 stadion-al-thumama-venue-piala-dunia-2022-qatar-yang-diresmikan-dengan-pembacaan-alquran-jL2DoaVfLa.jpg Pembacaan Alquran di peresmian Stadion Al Thumama venue Piala Dunia 2022 Qatar. (Foto: Facebook Doha News)

STADION Al Thumama merupakan venue Piala Dunia 2022 Qatar yang diresmikan dengan pembacaan ayat-ayat suci Alquran. Dalam sebuah video terlihat sejumlah anak beserta ulama duduk di tengah rumput lapangan stadion dan membacakan Surat Ar-Rahman.

"Beginilah cara Qatar memasukkan budaya Islam-nya pada peresmian Stadion Piala Dunia Al Thumama. Anak-anak terlihat membacakan ayat-ayat tentang 'rahmat' dari Alquran," jelas keterangan video yang diunggah akun Facebook Doha News.

BACA JUGA:Jumlah Muslim di Qatar, Negara Islam Tuan Rumah Piala Dunia 2022 

Stadion Al Thumama. (Foto: Istimewa)

Dikutip dari laman resmi FIFA, Stadion Al Thumama yang terletak di Kota Doha diresmikan pada 22 Oktober 2021. Peresmian dilakukan bersamaan dengan pertandingan final Piala Amir antara klub Al Sadd dengan Al Rayyan.

Stadion ini memiliki desain seperti gahfiya, topi tenun tradisional Timur Tengah. Gahfiya menjadi lapisan mendasar dari pakaian tradisional daerah tersebut. Itu juga merupakan simbol martabat dan kemerdekaan.

BACA JUGA:6 Negara Muslim Peserta Piala Dunia 2022, Termasuk Tuan Rumah Qatar 

Stadion Al Thumama sebelumnya memiliki kapasitas hingga 40 ribu penonton. Namun khusus digunakan untuk Piala Dunia 2022, kapasitasnya dikurangi menjadi 20 ribu penonton.

Tujuan pengurangan kapasitas itu untuk memenuhi kebutuhan lokal dan menyediakan infrastruktur olahraga berkualitas lainnya. Kemudian ada hotel yang menggantikan tribun atas stadion. 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Kawasan di sekitar Stadion Al Thumama akan menjadi pusat komunitas dengan beragam fasilitas untuk berbagai olahraga, termasuk bola tangan, bola voli, bola basket, dan renang.

Lintasan untuk lari dan bersepeda juga mengelilingi kawasan stadion ini, menyediakan wadah bagi olahragawan dan semua kalangan.

Lalu ada sejumlah unit ritel dan komersial yang dibuat untuk memastikan area tersebut menjadi pusat olahraga serta aktivitas yang memadai.

Stadion Al Thumama sendiri menjadi venue pertandingan penyisihan grup, babak 16 besar, hingga perempat final Piala Dunia 2022. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini