Share

6 Negara Muslim Peserta Piala Dunia 2022, Termasuk Tuan Rumah Qatar

Hantoro, Jurnalis · Rabu 16 November 2022 16:16 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 16 614 2708700 6-negara-muslim-peserta-piala-dunia-2022-termasuk-tuan-rumah-qatar-knQMLzvxiz.jpg Ilustrasi negara-negara Muslim peserta Piala Dunia 2022 Qatar. (Foto: qatar2022.qa)

PIALA Dunia 2022 Qatar tinggal beberapa hari lagi dimulai, tepatnya pada 20 November. Namun ternyata ada fakta-fakta menarik di balik perhelatan olahraga paling besar di dunia ini. Salah satunya adalah sejarah negara-negara Muslim yang pernah berpartisipasi.

Tahun ini akan menjadi Piala Dunia pertama yang diselenggarakan di negara Timur Tengah. Kemudian pertama kali di negara mayoritas Muslim, dan yang pertama diadakan pada akhir tahun bulan November dan Desember.

Pada Piala Dunia 2022 Qatar ini, enam negara Muslim telah lolos dan akan ikut serta. Ada harapan besar mereka bisa melaju sejauh mungkin di turnamen internasional ini.

Siapa sajakah negara-negara Muslim peserta Piala Dunia 2022 Qatar tersebut? Berikut penjelasannya, sebagaimana dihimpun dari laman About Islam:

BACA JUGA:10 Fakta Menarik Muslim dan Piala Dunia, Nomor 2 Prestasi Timnas Indonesia 

1. Qatar

Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022 adalah sebuah negara yang terletak di pantai timur laut Semenanjung Arab. Ibu kota Qatar yaitu Doha dan bahasa Arab adalah bahasa resminya.

Tim Nasional Qatar alias "The Maroon" memainkan pertandingan resmi pertamanya pada tahun 1970 melawan tuan rumah Bahrain, namun kalah 1-2. Sejak itu Timnas Qatar telah tampil di sepuluh turnamen Piala Asia sejauh ini, dan telah memenangkannya sekali, pada tahun 2019.

Di Piala Arab 2021, Qatar memenangkan semua pertandingan penyisihan grup dan menghadapi UEA, menang 5-0. Mereka kalah 2-1 di semifinal melawan Aljazair, dan akhirnya berada di posisi ke-3. Piala Dunia 2022 akan menjadi penampilan pertama bagi The Maroon. 

 

2. Tunisia

Timnas Tunisia alias "Carthage Eagles" dibentuk pada 1928 dan merupakan salah satu tim top negara Islam. Di tingkat regional, Timnas Tunisia pernah sekali memenangkan Piala Afrika, selain meraih medali emas di Mediterranean Games.

Selama gelaran Piala Dunia, Tunisia telah ikut dalam lima kesempatan. Pertama di Piala Dunia 1978, mereka selesai di posisi kesembilan.

Antara 1998 dan 2006, mereka memiliki tiga kualifikasi Piala Dunia beruntun. Mereka juga lolos ke Piala Dunia 2018 Rusia. Piala Dunia 2022 Qatar adalah penampilan keenam mereka di putaran final.

BACA JUGA:Perjuangan Mualaf Cantik Sandra, Jadi Ojek Online hingga Sukses Bisnis Kuliner 

3. Senegal

Senegal adalah negara Afrika Barat yang terbentang di area seluas 197.000 kilometer persegi dengan penduduk sebanyak 15 juta orang. Timnas Senegal yang dijuluki "Singa Teranga" dibentuk pada 1959.

Di Piala Afrika 2021, Senegal memenangkan kompetisi, mengalahkan Mesir dalam adu penalti, dan Sadio Mane mencetak penalti kemenangan untuk membawa Senegal menjadi Piala Afrika pertamanya.

Di Piala Dunia, Timnas Senegal dianggap memiliki pencapaian terbaik kedua untuk negara Muslim di FIFA sejauh ini, setelah Turki yang berada di urutan ketiga di Piala Dunia Jepang/Korea Selatan 2002. 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

4. Arab Saudi

Arab Saudi merupakan negara yang menjadi kiblat umat Islam karena terdapat bangunan suci Kakbah di Kota Makkah. Negara ini memiliki luas lebih dari sekira 2 juta km2.

Ibu kota Arab Saudi adalah Riyadh, dan Islam dianut oleh hampir 99 persen penduduknya. Bahasa Arab menjadi bahasa utama di sana. Negara ini memiliki populasi hampir 20 juta orang.

Timnas Arab Saudi alias "Si Hijau" dibentuk pada 1956. Tim ini memegang tiga gelar Piala Asia, enam kali lolos ke Piala Dunia FIFA, dan memenangkan medali emas pada Permainan Solidaritas Islam 2005 di Hijaz.

5. Maroko

Maroko, sebuah negara Afrika Utara, berpenduduk sekira 34 juta di atas area seluas 710.850 km2. Ibu kotanya adalah Rabat, tetapi yang terbesar adalah Casablanca. Agama utama Kerajaan Maroko adalah Islam yang dianut 99 persen penduduknya, dan bahasa resminya adalah Amazigh serta Arab.

Timnas Maroko alias "Atlas Lions" mencapai posisi 10 dalam Peringkat Dunia FIFA 1998. Tim ini dibentuk pada 1928 dan memenuhi enam kali masuk Piala Dunia FIFA.

Timnas Maroko telah memenangkan Piala Afrika sekali, dua medali emas Mediterranean Games; itu juga mengamankan medali emas di Games Solidaritas Islam 2013 di Indonesia.

6. Iran

Ini adalah negara Asia Barat dengan Teheran sebagai ibu kotanya. Republik ini terdiri dari area seluas 1.648.195 km2 dengan populasi lebih dari 82 juta orang. Islam adalah agama utama Iran dengan lebih dari 98 persen.

Federasi Timnas Iran didirikan pada 1920. "Singa Persia" adalah salah satu tim paling sukses di antara negara-negara Islam, memenangkan tiga piala Asia dan rekor empat medali emas di Asian Games. Tahun ini merupakan keenam kalinya mereka lolos kualifikasi Piala Dunia.

Wallahu a'lam bisshawab

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini