Share

Kisah Anjing Penjaga Pemuda Ashabul Kahfi yang Tidur Selama 309 Tahun, Dijamin Masuk Surga

Kiki Oktaliani, Jurnalis · Senin 28 November 2022 15:28 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 28 614 2716191 kisah-anjing-penjaga-pemuda-ashabul-kahfi-yang-tidur-selama-309-tahun-dijamin-masuk-surga-khlgmdbUV0.jpg Ilustrasi kisah anjing penjaga pemuda Ashabul Kahfi. (Foto: Shutterstock)

KISAH hewan anjing Ashabul Kahfi tertera dalam Alquran Surat Al Kahfi Ayat 9–26. Ini merupakan salah satu kisah menakjubkan yang terjadi di masa lalu sebelum zaman Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam.

Tidak hanya itu, Surat Al Kahfi juga bercerita tentang banyak hikmah. Salah satunya Qitmir hewan anjing Ashabul Kahfi yang masuk surga.

BACA JUGA:Surat Al Kahfi Sunnah Dibaca Malam Jumat, Lengkap Buka di Alquran Digital Okezone 

Info grafis keutamaan membaca Surat Al Kahfi. (Foto: Okezone)

Surat Al Kahfi yang berarti "Gua" merupakan kelompok dari surat Makkiyah atau turun di Kota Makkah, Arab Saudi. Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman:

سَيَقُولُونَ ثَلَاثَةٌ رَابِعُهُمْ كَلْبُهُمْ وَيَقُولُونَ خَمْسَةٌ سَادِسُهُمْ كَلْبُهُمْ رَجْمًا بِالْغَيْبِ ۖ وَيَقُولُونَ سَبْعَةٌ وَثَامِنُهُمْ كَلْبُهُمْ ۚ قُلْ رَبِّي أَعْلَمُ بِعِدَّتِهِمْ مَا يَعْلَمُهُمْ إِلَّا قَلِيلٌ ۗ فَلَا تُمَارِ فِيهِمْ إِلَّا مِرَاءً ظَاهِرًا وَلَا تَسْتَفْتِ فِيهِمْ مِنْهُمْ أَحَدًا

Artinya: "Nanti (ada orang yang akan) mengatakan (jumlah mereka) adalah tiga orang yang keempat adalah anjingnya, dan (yang lain) mengatakan: "(jumlah mereka) adalah lima orang yang keenam adalah anjing nya", sebagai terkaan terhadap barang yang gaib; dan (yang lain lagi) mengatakan: "(jumlah mereka) tujuh orang, yang ke delapan adalah anjingnya". Katakanlah: "Tuhanku lebih mengetahui jumlah mereka; tidak ada orang yang mengetahui (bilangan) mereka kecuali sedikit". Karena itu janganlah kamu (Muhammad) bertengkar tentang hal mereka, kecuali pertengkaran lahir saja dan jangan kamu menanyakan tentang mereka (pemuda-pemuda itu) kepada seorang pun di antara mereka." (QS Al Kahfi (18): 22)

BACA JUGA:Ashabul Kahfi Tertidur 309 Tahun di Dalam Gua, Ini Faedahnya Menurut Ustadz Adi Hidayat 

Para Pemuda Ashabul Kahfi dan Seekor Anjing Penjaga 

Kisah ini bermula ketika mereka hidup di masa pemerintahan seorang raja yang zalim. Sang raja memerintahkan seluruh rakyatnya menyembah berhala. Semua orang melakukan perintah tersebut, terkecuali para pemuda Ashabul Kahfi.

Mengetahui hal tersebut, sang raja cukup murka. Dimintalah mencari para pemuda itu dan membunuhnya. Raja juga memerintahkan agar siapa pun yang taat dengan perintahnya harus dibunuh. Mengetahui hal tersebut para pemuda mengasingkan dirinya ke suatu tempat untuk menyelamatkan diri.

Di tengah perjalanan, mereka bertemu seorang penggembala beserta anjingnya Qitmir yang kemudian ikut melarikan diri ke dalam gua. 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Tinggal di Gua Selama 309 Tahun 

Saat penyiksaan meningkat, mereka terpaksa meninggalkan kaumnya. Oleh karena itu, para pemuda ini sepakat tinggal di sebuah gua selama sekira 309 tahun untuk mempertahankan keimanannya, yang terletak di Kota Amman,Yordania.

Di dalam gua, para pemuda tersebut leluasa beribadah kepada Allah Subhanahu wa ta'ala. Tidak lupa mereka memanjatkan doa agar senantiasa diberi perlindungan dari kejamnya sang raja.

Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman dalam Alquran Surat Al Kahfi Ayat 17:

وَتَرَى الشَّمْسَ إِذَا طَلَعَتْ تَزَاوَرُ عَنْ كَهْفِهِمْ ذَاتَ الْيَمِينِ وَإِذَا غَرَبَتْ تَقْرِضُهُمْ ذَاتَ الشِّمَالِ وَهُمْ فِي فَجْوَةٍ مِنْهُ ۚ ذَٰلِكَ مِنْ آيَاتِ اللَّهِ ۗ مَنْ يَهْدِ اللَّهُ فَهُوَ الْمُهْتَدِ ۖ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلَنْ تَجِدَ لَهُ وَلِيًّا مُرْشِدًا

Artinya: "Dan kamu akan melihat matahari ketika terbit, condong dari gua mereka ke sebelah kanan, dan bila matahari terbenam menjauhi mereka ke sebelah kiri sedang mereka berada dalam tempat yang luas dalam gua itu. Itu adalah sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Allah. Barangsiapa yang diberi petunjuk oleh Allah, maka dialah yang mendapat petunjuk; dan barangsiapa yang disesatkan-Nya, maka kamu tidak akan mendapatkan seorang pemimpin pun yang dapat memberi petunjuk kepadanya." (QS Al Kahfi (18): 17)

Dengan izin Allah Azza wa Jalla, para pemuda dan seekor anjing yang mengikuti ditidurkan oleh Allah Ta'ala selama 309 tahun. Kemudian mereka dibangunkan kembali setelah mendengar suara seseorang yang membangun sebuah kandang di depan gua.

Anjing Penjaga 

Dalam versi lain disebutkan juga bahwa anjing yang ikut bersama para pemuda Ashabul Kahfi diutus untuk menjaga pintu gua tempat persembunyian tersebut. Ini supaya tidak seorang pun berani masuk ke gua.

Dikisahkan dalam Alquran bahwa anjing itu meluruskan kedua kakinya ke depan untuk menjaga gua. Sebagaimana dijelaskan dalam Surat Al Kahfi Ayat 18:

وَتَحْسَبُهُمْ أَيْقَاظًا وَهُمْ رُقُودٌ ۚ وَنُقَلِّبُهُمْ ذَاتَ الْيَمِينِ وَذَاتَ الشِّمَالِ ۖ وَكَلْبُهُمْ بَاسِطٌ ذِرَاعَيْهِ بِالْوَصِيدِ ۚ لَوِ اطَّلَعْتَ عَلَيْهِمْ لَوَلَّيْتَ مِنْهُمْ فِرَارًا وَلَمُلِئْتَ مِنْهُمْ رُعْبًا

Artinya: "Dan kamu mengira mereka itu bangun, padahal mereka tidur; Dan kami balik-balikkan mereka ke kanan dan ke kiri, sedang anjing mereka mengunjurkan kedua lengannya di muka pintu gua. Dan jika kamu menyaksikan mereka tentulah kamu akan berpaling dari mereka dengan melarikan diri dan tentulah (hati) kamu akan dipenuhi oleh ketakutan terhadap mereka." (QS Al Kahfi (18): 18) 

Dibangunkan Kembali pada Masa Kepemimpinan Raja Adil

Setelah lama tertidur, para pemuda Ashabul Kahfi tersebut dibangunkan kembali oleh Allah Subhanahu wa ta'ala. Mereka sungguh terkejut ketika keluar dari gua dengan waswas melihat sekeliling dan keadaan kota yang pemandangannya sangat berbeda. Bahkan, mereka baru mengetahui bahwa raja zalim telah diganti dengan pemimpin yang adil.

Tidak berapa lama kemudian, para pemuda itu meninggal dunia. Kisah para pemuda Ashabul Kahfi ini mengajarkan kepada setiap Muslim untuk tetap berpegang teguh kepada keimanan di mana pun dan dalam kondisi apa pun.

Wallahu a'lam bishshawab

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini