Share

Luar Biasa! Ini Pahala Besar bagi Wanita yang Melakukan Pekerjaan Rumah Tangga

Novie Fauziah, Jurnalis · Sabtu 03 Desember 2022 10:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 03 330 2719783 luar-biasa-ini-pahala-besar-bagi-wanita-yang-melakukan-pekerjaan-rumah-tangga-1gE6zO3j0T.jpg Ilustrasi pahala wanita yang melakukan pekerjaan rumah tangga. (Foto: Freepik)

TERNYATA terdapat pahala sangat besar bagi wanita yang melakukan pekerjaan rumah tangga. Diketahui bahwa banyak istri yang memutuskan menjadi ibu rumah tangga. Meskipun hanya terlihat di rumah, namun tanggung jawab yang harus mereka pikul juga sangatlah besar.

Sementara itu tentang peran wanita menjadi ibu rumah tangga (IRT) dan juga pahalanya, Allah Subhanahu wa Ta'ala memerintahkan para suami untuk memperlakukannya dengan cara ma'ruf. Allah Ta'ala berfirman:

ูˆุนูŽุงุดูุฑููˆู’ู‡ูู†ู‘ูŽ ุจูุงู„ู…ูŽุนู’ุฑููˆู’ู

Artinya: "Dan pergaulilah mereka (istri-istri kalian) dengan cara yang ma'ruf." (QS An-Nisaa': 19)

BACA JUGA:Viral Suporter Asing Piala Dunia 2022 Qatar Kagum Suara Adzan Sampai Ingin Belajar Islamย 

Kemudian dalam ayat lain juga menjelaskan, Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

ูˆูŽู‚ูŽุฑู’ู†ูŽ ูููŠ ุจููŠููˆุชููƒูู†ู‘ูŽ ูˆูŽู„ูŽุง ุชูŽุจูŽุฑู‘ูŽุฌู’ู†ูŽ ุชูŽุจูŽุฑู‘ูุฌูŽ ุงู„ู’ุฌูŽุงู‡ูู„ููŠู‘ูŽุฉู ุงู„ู’ุฃููˆู„ูŽู‰

Artinya: "Dan tinggallah kalian di dalam rumah-rumah kalian dan janganlah kalian berdandan sebagaimana dandan ala jahiliah terdahulu." (QS Al Ahzab: 33)

Dalam ayat tersebut Imam Ibnu Katsir menafsirkan bahwa janganlah wanita keluar rumah kecuali ada hajat, seperti ingin menunaikan sholat di masjid selama memenuhi syarat-syaratnya. (Tafsir Alquran Al 'Azhim, 6: 182)

Adapun alasan wanita lebih baik di rumah, menjadi ibu rumah tangga, karena wanita adalah aurat. Disebutkan dalam hadits dari 'Abdullah, Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

ุฅูู†ู‘ูŽ ุงู„ู’ู…ูŽุฑู’ุฃูŽุฉูŽ ุนูŽูˆู’ุฑูŽุฉูŒุŒ ูˆูŽุฅูู†ู‘ูŽู‡ูŽุง ุฅูุฐูŽุง ุฎูŽุฑูŽุฌูŽุชู’ ู…ูู†ู’ ุจูŽูŠู’ุชูู‡ูŽุง ุงุณู’ุชูŽุดู’ุฑูŽููŽู‡ูŽุง ุงู„ุดู‘ูŽูŠู’ุทูŽุงู†ู ููŽุชูŽู‚ููˆู„ู: ู…ูŽุง ุฑูŽุขู†ููŠ ุฃูŽุญูŽุฏูŒ ุฅูู„ุง ุฃูŽุนู’ุฌูŽุจู’ุชูู‡ูุŒ ูˆูŽุฃูŽู‚ู’ุฑูŽุจู ู…ูŽุง ุชูŽูƒููˆู†ู ุฅูู„ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุฅูุฐูŽุง ูƒูŽุงู†ูŽุชู’ ูููŠ ู‚ูŽุนู’ุฑู ุจูŽูŠู’ุชูู‡ูŽุง

Artinya: "Sesungguhnya perempuan itu aurat. Jika dia keluar rumah maka setan menyambutnya. Keadaan perempuan yang paling dekat dengan Allah adalah ketika dia berada di dalam rumahnya." (HR Ibnu Khuzaimah nomor 1685 dan Tirmidzi: 1173. Syekh Al Albani mengatakan sanad hadits ini shahih)

BACA JUGA:Cukup Pakai Satu Pertanyaan, Abu Nawas Kalahkan Tuan Tanah Curang di Pengadilanย 

Kemudian untuk pahalanya sendiri setara dengan jihadnya para mujahidin. Sebagaimana dalam salah satu riwayat menyebutkan:

Anas bin Malik radhiyallahu anhu berkata bahwa sebagian perempuan pernah mendatangi Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam dan bertanya:

"Wahai Rasulullah, para lelaki mempunyai keistimewaan dapat pergi berjihad di jalan Allah. Sedangkan kami (istri) tidak punya pekerjaan yang pahalanya setara dengan para mujahidin di jalan Allah."

Kemudian Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

"Pekerjaan rumah tangga seorang di antaramu pahalanya setara dengan jihadnya para mujahidin di jalan Allah."ย 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Sementara terdapat perbedaan pendapat di kalangan ulama bahwa kewajiban seorang istri adalah sekadar istimta', yaitu memberikan pemenuhan kebutuhan biologis kepada suami. Lainnya tidak.

Imam Hambali berpendapat bahwa tidak ada kewajiban bagi seorang istri untuk pekerjaan domestik semisal membuat adonan, membuat roti, atau memasak. Pendapat senada juga datang dari para pengikut Mazhab Imam Syafi'i seperti yang tertuang dalam kitab Al Majmu' (juz 16, edisi Maktabah Syamilah)

Pimpinan Lembaga Pengembangan Dakwah dan Pondok Pesantren Al-Bahjah Cirebon, KH Yahya Zainul Maโ€™arif atau akrab disapa Buya Yahya, menjelaskan pada dasarnya urusan bersih-bersih di rumah sepenuhnya bukan pekerjaan istri, tapi suami juga berkewajiban membantunya.

"Tidak semua harus dibebankan kepada istri," kata Buya Yahya, dikutip dari kanal YouTube Al Bahjah TV, Sabtu (3/12/2022).

Akan tetapi bagi istri yang hanya menjadi ibu rumah tangga memiliki keutamaan sangat besar, yaitu salah satu amalan salih dan berpahala. Namun alangkah lebih baik, kata Buya Yahya, suami dan istri bisa mengerjakannya bersama-sama dan memperoleh cinta dari rumah tangga yang tengah dibangunnya itu.

Wallahu a'lam bisshawab.ย 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini