Share

Kisah Jumlah Uban di Kepala Rasulullah Beserta Hikmah yang Bisa Diambil

Ratu Syra Quirinno, Jurnalis · Senin 05 Desember 2022 10:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 05 614 2720587 kisah-jumlah-uban-di-kepala-rasulullah-beserta-hikmah-yang-bisa-diambil-pvQGULUEpf.jpg Ilustrasi kisah jumlah uban Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam. (Foto: Shutterstock)

INILAH kisah jumlah uban di kepala Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam. Diketahui bahwa beliau merupakan nabi terakhir yang diutus Allah Subhanahu wa Ta'ala. Banyak hal menarik tentang Rasulullah yang bisa dijadikan panutan umat manusia, salah satunya tentang rambut uban ini.

Dai muda Ustadz Ahmad Zahrudin M Nafis dalam kanal YouTube-nya menjelaskan bahwa uban adalah rambut yang berubah warna menjadi abu-abu kemudian putih. Saat rambut berubah menjadi putih dan menjadi uban, terjadi proses alami berupa perubahan kadar melanin dengan bertambah usianya seseorang.

BACA JUGA:Hukum Mencabut Rambut Uban Menurut Islam, Kaum Muslimin Wajib Tahu 

Info grafis sholawat Nabi. (Foto: Okezone)

Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam diciptakan Allah Subhanahu wa Ta'ala dengan kondisi fisik yang ideal. Postur tubuhnya tidak terlalu tinggi dan juga tidak terlalu pendek.

Allah Subhanahu wa Ta'ala menyempurnakan Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bukan hanya batin, fisiknya pun sempurnakan. Beliau juga merupakan manusia yang memiliki fisik sama seperti manusia lainnya.

BACA JUGA:Kisah Nabi Sulaiman Mendengar Lamaran Gombal Burung Pipit, Isinya Bikin Tersenyum-senyum! 

Bahkan di rambut Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam pun tumbuh uban. Nabi memiliki uban di kepala dan janggut tidak sampai 20 helai.

Terdapat perbedaan pendapat di antara para ulama mengenai hal tersebut. Satu riwayat menceritakan uban Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam jumlahnya 17 helai, ada yang berpendapat lain yang mengatakan jumlah uban nabi 11 helai. 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Namun, kedua pendapat tersebut tersebut sejalan dengan hadits riwayat Imam Bukhari nomor 3284 yang menyebutkan: "Kemudian Allah mewafatkan Rasulullah, sementara jumlah rambut yang beruban pada kepala dan janggut beliau tidak lebih dari 20 helai."

Dapat ditarik kesimpulan bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam memang beruban beberapa helai di kepada dan janggutnya.

Sebagai umat Islam, hendaknya dapat memetik pelajaran bahwa adanya uban menjadi satu pertanda bahwa usia hidup seseorang makin hari terus berkurang dan harus diisi dengan amal salih sebagai bekal di kehidupan selanjutnya, kehidupan akhirat yang kekal dan abadi.

Wallahu a'lam bisshawab. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini