Share

Hukum Mencabut Rambut Uban Menurut Islam, Kaum Muslimin Wajib Tahu

Melati Septyana Pratiwi, Jurnalis · Selasa 29 November 2022 11:10 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 29 330 2716863 hukum-mencabut-rambut-uban-menurut-islam-kaum-muslimin-wajib-tahu-EHVrp0j5ku.jpg Ilustrasi hukum mencabut rambut uban menurut Islam. (Foto: Freepik)

HUKUM mencabut rambut uban menurut Islam sangat menarik diketahui. Saat usia seseorang makin tua, sudah dipastikan uban atau rambut putih bakal tumbuh menghiasi kepala. Namun, apakah boleh mencabutnya?

Ternyata, hukum mencabut rambut uban telah diatur dalam ajaran Islam. Melakukan hal tersebut dinyatakan makruh.

BACA JUGA:Jadwal Sholat Hari Ini Selasa 29 November 2022M/5 Jumadil Awal 1444H 

Ilustrasi hukum mencabut rambut uban menurut Islam. (Foto: Huy Phan/Unplash)

Mengenai ini, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam pernah bersabda:

لَا تَنْتِفُوا الشَّيْبَ فَإِنَّهُ نُورُ الْمُسْلِمِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ

Artinya: "Jangan kalian mencabut uban karena uban itu adalah cahaya orang Muslim kelak di hari kiamat." (HR Abu Dawud, At-Tirmidzi, dan An-Nasa'i)

BACA JUGA:Posisi Imam ketika Sholat Jenazah Pria dan Wanita, Ini Penjelasan 4 Mazhab 

Dikutip dari nu.or.id, hukum mencabut rambut uban menurut Islam yang dikatakan makruh ini tidak dibedakan antara rambut kepala maupun jenggot. Semua uban di bagian tersebut tetap makruh untuk dicabut. 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Selain itu, ada pula riwayat yang menyebut bahwa hukum mencabut rambut putih uban menurut Islam dikatakan makruh apabila tujuannya berhias diri.

وَفِي الْخُلَاصَةِ عَنِ الْمُنْتَقَى كَانَ أَبُو حَنِيفَةَ لَا يُكْرِهُ نَتْفَ الشَّيْبِ إِلَّا عَلَى وَجْهِ التَّزَيُّنِ اه وَيَنْبَغِي حَمْلُهُ عَلَى الْقَلِيلِ أَمَّا الْكَثِيرُ فَيُكْرَهُ لِخَبَرِ أَبِي دَاوُدَ لَا تَنْتِفُوا الشَّيْبَ فَإِنَّهُ نُورُ الْمُسْلِمِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ

Artinya: "Di dalam kitab Al-Khulashah yang dinukil dari kitab Al-Muntaqa terdapat keterangan yang menyatakan bahwa Imam Abu Hanifah tidak memakruhkan mencabut uban kecuali dengan tujuan berhias diri. Dan seyogianya pandangan ini dipahami ketika uban yang dicabut adalah sedikit, namun jika banyak maka hukumnya tetap makruh berdasarkan hadits riwayat Abu Dawud: 'Jangan kalian mencabut uban karena uban itu adalah cahaya orang muslim kelak di hari kiamat'."

Jadi, demikian penjelasan mengenai hukum mencabut rambut uban menurut Islam. Tidak ada yang salah dengan rambut putih uban, lantaran Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bahkan menyebutnya sebagai cahaya para Muslim di hari kiamat kelak.

Wallahu a'lam bisshawab

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini