Share

Baru Diresmikan, Masjid Al Jabbar Bandung Miliki Konsep Ramah Lingkungan

Tim Okezone, Jurnalis · Sabtu 31 Desember 2022 12:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 31 615 2737627 baru-diresmikan-masjid-al-jabbar-bandung-miliki-konsep-ramah-lingkungan-FqPW418Rjl.jpg Masjid Al Jabbar Bandung. (Foto: Antara)

GUBERNUR Jawa Barat Ridwan Kamil baru saja meresmikan Masjid Al Jabbar di Gedebage, Kota Bandung. Ini merupakan masjid yang memiliki konsep ramah lingkungan. Seperti terlihat dari kaca-kaca yang berada di plafon masjid bisa menyerap sinar matahari sehingga menjadi penerangan alami ke bangunan tersebut.

"Masjid ini ramah lingkungan. Kalau bapak/ibu lihat ke atas, di atas itu sebenarnya matahari sedang menyinari kita. Tapi difilter oleh kaca-kaca oleh plafon-plafon ini sehingga siang hari tidak perlu banyak cahaya listrik yang digunakan," kata Kang Emil –sapaannya– saat memberikan sambutan dalam Peresmian Masjid Al Jabbar Bandung, Jumat 30 Desember 2022.

BACA JUGA:Kemegahan Masjid Al Jabbar Jadi Lokasi Ngabuburit, Ada Juga yang Memancing 

Masjid Al Jabbar Bandung. (Foto: Antara)

Ia berkisah pemilihan kawasan Gedebage sebagai tempat pembangunan Masjid Raya Jawa Barat ini karena merupakan kawasan yang direncanakan sebagai Central Business District (CBD) yang baru pada masa depan. Masjid ini berdiri megah di atas sebuah danau retensi dengan total lahan seluas 25.8170 hektare.

Ada empat sisi minaret yang menjulang tinggi dan taman lanskap yang luas mengelilingi danau dan kawasan masjid. Pembebasan lahannya dilaksanakan sejak tahun 2015 hingga 2022.

BACA JUGA:Segera Diresmikan, Masjid Al Jabbar Bandung Memiliki Museum 4 Nabi 

Peletakan batu pertama dilakukan pada 29 Desember 2017 oleh Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat ketika waktu itu yakni Ahmad Heryawan dan Deddy Mizwar.

Ridwan Kamil mengatakan pembangunan Masjid Al Jabbar berawal pada tahun 2016 lalu saat dirinya masih menjabat Wali Kota Bandung. Ia saat itu memberikan usulan kepada gubernur kala itu Ahmad Heryawan agar Jawa Barat memiliki masjid raya sendiri. 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Ternyata selama ini Pemerintah Provinsi Jawa Barat "nebeng" ke Masjid Agung Bandung, makanya namanya diubah menjadi Masjid Raya Bandung Provinsi Jawa Barat.

Usulan itu pun disambut positif Ahmad Heryawan yang kelak masjid tersebut didesain langsung oleh Ridwam Kamil yang punya latar belakang arsitek.

Lokasi masjid di Gedebage pun diusulkan sendiri oleh Ridwan Kamil dan dirinya menghibahkan desain masjid tersebut kepada Pemprov Jabar. 

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan Masjid Al Jabbar Bandung. (Foto: Antara)

"Itu kalimat saya ke Pak Aher pada 2016 lalu. Saya bilang provinsi bikin saja sendiri, nanti saya hibahkan desainnya dan lokasinya saya usulkan di Gedebage," ujar Ridwan Kamil, dikutip dari Antara.

Konsep dari bangunan Masjid Al Jabbar sendiri berasal dari rumus matematika yang identik dengan rumus Aljabar. Ini terlihat dari ornamen rumit, namun indah. Ilmuan matematika dunia juga bernama Aljabar.

Al Jabbar juga merupakan salah satu nama dari Asmaul Husna yang dituliskan di bagian mihrab masjid. "Selain itu, Al Jabbar juga nama Asmaul Husna yang kita tuliskan di mihrab yang artinya agung. Kebetulan juga Al Jabbar bisa jadi singkatan Jawa Barat, jadi sudah takdirnya namanya berjodoh," pungkasnya.

Wallahu a'lam bisshawab

1
2
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini