Share

5 Peristiwa Penting di Bulan Rajab, Ada Perang Terbesar Rasulullah

Melati Septyana Pratiwi, Jurnalis · Kamis 26 Januari 2023 13:02 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 26 614 2753437 5-peristiwa-penting-di-bulan-rajab-ada-perang-terbesar-rasulullah-tDvBWJ54b9.jpg Ilustrasi peristiwa penting di bulan Rajab. (Foto: Shutterstock)

PERISTIWA penting di bulan Rajab. Termasuk pula yang berkaitan dengan Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam. Dalam kitab I'anatut Thalibin, nama Rajab diambil dari kata Tarjiib yang artinya "Memuliakan atau Mengagungkan".

Banyak peristiwa penting di bulan Rajab seperti mempertegas kemuliaannya. Berikut ini sederet peristiwa itu, sebagaimana telah Okezone himpun.

BACA JUGA:Sejarah Penamaan Bulan Rajab hingga Ditetapkan Mulia dan Suci 

1. Aminah mengandung Nabi Muhammad

Sebuah peristiwa penting tercatat pada bulan Rajab yakni Allah Subhanahu wa Ta'ala menitipkan sosok Muhammad dalam rahim Aminah. Dikutip dari nu.or.id, Syekh Yusuf bin Ismail An-Nabhani dalam Al Anwarul Muhammadiyah menjelaskan pada Allah Ta'ala sampai meminta Malaikat Ridwan membuka pintu Surga Firdaus sebagai penghormatan ketika peristiwa itu terjadi.

Malaikat lantas berseru, "Perhatian, sesungguhnya cahaya suci yang sejatinya adalah Nabi Muhammad, pada malam ini sudah berada dalam rahim Aminah. Muhammad adalah sosok yang mempunyai akhlak mulia yang sempurna dan diutus sebagai pembawa kabar gembira sekaligus peringatan." 

Info grafis bulan Rajab. (Foto: Okezone)

2. Isra Miraj

Isra Miraj juga termasuk peristiwa penting di bulan Rajab. Ini bahkan salah satu mukjizat terbesar Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam.

Kala itu Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam diajak naik ke langit ketujuh atau Sidratul Muntaha. Pada malam Isra Miraj, Allah Subhanahu wa Ta'ala juga memberikan perintah kepada Rasulullah untuk sholat lima waktu.

BACA JUGA:3 Amalan Bulan Rajab Berpahala Luar Biasa Besar, Sangat Sayang jika Terlewat 

3. Perang Tabuk

Perang Tabuk merupakan salah satu perang terbesar Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam. Perang ini terjadi pada bulan Rajab tahun 9 Hijriah.

Pada waktu itu Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam mengerahkan 30 ribu pasukan di musim panas. Tentu saja ini bukanlah hal mudah bagi umat Islam. 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

4. Pembebasan Baitul Maqdis

Baitul Maqdis atau Al Aqsa di Palestina berhasil dibebaskan pada 25 Rajab 583 Hijriah. Salahuddin Al Ayubi-lah yang menjadi sosok pemberani di balik peristiwa penting ini.

Salahuddin Al Ayyubi atau Yusuf bin Najmuddin Al Ayyubi bersama pasukannya mulai bergerak pada Jumadil Awal 538 Hijriah. Penyerangan kemudian berlanjut tepat 29 Rabu Al Thani 538 Hijriah.

Berkat kegigihan Salahuddin dan pasukannya, kebebasan Baitul Maqdis pun sukses direbut.

5. Lahirnya Nahdlatul Ulama 

Indonesia pun tidak lepas dari peristiwa penting di bulan Rajab. Pada 31 Januari 1926 atau 16 Rajab 1344, para ulama berkumpul di Surabaya.

Mereka lantas sepakat bahwa jam'iyah Nahdlatul Ulama lahir. Nahdlatul Ulama atau biasa disebut NU ini merupakan organisasi keagamaan maupun sosial yang memeprjuangkan aqidah Ahlussunnah wal Jama’ah serta sistem mahzab.

Wallahu a'lam bisshawab

1
2
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini