Share

Macam-Macam Zina Beserta Dosa dan Hukuman bagi Pelakunya

Kevi Laras, Jurnalis · Sabtu 28 Januari 2023 12:28 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 28 330 2754613 macam-macam-zina-beserta-dosa-dan-hukuman-bagi-pelakunya-kwebZy2Er2.jpg Ilustrasi macam-macam zina beserta dosa dan hukuman bagi pelakunya. (Foto: Freepik)

ZINA secara umum dipahami perbuatan yang melanggar aturan agama, seperti berhubungan intim di luar pernikahan. Dalam agama Islam ada macam-macam zina. Ternyata ada yang tidak disadari, misalnya berpelukan atau berucap mesra.

Menurut Ustadzah dr Aisah Dahlan CMHt CM.NLP, banyak cara melakukan zina, contohnya tangan ketemu tangan dan kaki ketemu kaki, serta lainnya. Ia mendorong siapa pun agar bisa menjaga semuanya.

BACA JUGA:34 Hukum Tajwid Surat An-Nur Ayat 2 Beserta Tafsirnya soal Hukuman bagi Pelaku Zina 

"Jadi aktivitas-aktivitas seksual seperti berpelukankah ataupun berucap mesra sudah masuk kategori (zina) yang dapat merusak kehormatan manusia. Seseorang yang menjaga pandangan berarti iya menjaga kemaluannya. Barang siapa yang mengumbar pandangannya, maka manusia itu akan masuk kepada hal-hal yang membinasakannya," jelas dr Aisah Dahlan dalam tayangan di kanal YouTube SUAS Video. 

Ustadzah dr Aisah Dahlan. (Foto: Instagram @draisahdahlan)

Sebagaimana telah Okezone himpun, ada hadits dari riwayat Abu Hurairah radhiyallahu anhu bahwa Rasullullah Shallallahu alaihi wasallam telah bersabda yang artinya:

“Kedua mata itu bisa melakukan zina, kedua tangan itu (bisa) melakukan zina, kedua kaki itu (bisa) melakukan zina. Dan kesemuanya itu akan dibenarkan atau diingkari oleh alat kelamin." (HR Bukhari dan Muslim dari Ibnu Abbas serta Abu Hurairah)

BACA JUGA:Asbabun Nuzul Surat Al Isra Ayat 32 tentang Larangan Mendekati Zina 

Sementara zina juga perlu dipahami satu per satu, contohnya zina mata (ain), ketika seseorang memandang lawan jenisnya dengan perasaan senang.

Sementara zina hati (qalbi), ketika memikirkan atau bisa mengkhayalkan lawan jenis dibarengi perasaan senang dan bahagia. 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Kemudian ada juga zina ucapan (lisan) ketika membicarakan lawan jenis yang diikuti dengan perasaan senang.

Juga adanya zina tangan (yadin), ketika sengaja memegang bagian tubuh lawan jenis dengan perasaan senang atau nafsu terhadapnya.

Sebagai catatan, bagi mereka yang melakukan zina, dijelaskan Ustadzah dr Aisah Dahlan, ada yang sampai dicambuk 100 kali atau bahkan diasingkan selama 1 tahun.

"Jika pelaku sudah menikah, melakukannya secara sukarela (tidak dipaksa atau tidak diperkosa), maka mereka dicambuk 100 kali dan kemudian dirajam. Jika pelaku belum menikah, maka dicambuk 100 kali dan diasingkan selama setahun," tegasnya menerangkan.

Wallahu a'lam bisshawab

1
2
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini