Doa agar Dilimpahkan Rezeki dari Usia Muda hingga Tua

Rahma Yulita, Jurnalis · Senin 29 April 2019 15:02 WIB
https: img.okezone.com content 2019 04 29 618 2049376 doa-agar-dilimpahkan-rezeki-dari-usia-muda-hingga-tua-vIyftkOc7G.jpg Ilustrasi (Foto: Abaoutislam)

Cara yang dipercayai dapat mendatangkan rezeki adalah dengan bekerja. Namun, alangkah lebih baik jika usaha dibarengi dengan doa. Jangan hanya berharap tanpa bekerja keras, jangan pula bekerja tanpa ingat untuk selalu berdoa kepada Allah SWT. Sejatinya rezeki semata-mata adalah Allah SWT yang menentukan.

Sekuat dan sekeras apapun kita bekerja, bila Allah SWT hanya menghendaki bagi kita rezeki yang sedikit, maka sedikit pulalah rezeki yang kita peroleh, begitu juga sebaliknya. Oleh karena itu, dalam ikhtiar mencari rezeki, selain kita harus berusaha seoptimal mungkin, kita sebaiknya juga mengimbangi usaha tersebut dengan doa, terlebih lagi doa rezeki lancar dan barokah.

Menurut Kyai Ahmad Ikrom, SHI, berdoa juga bisa sangat membantu untuk mendapatkan rezeki yang berlimpah. Beliau mengatakan, “Agar hidup banyak rezekinya, biasakan bangun pagi. Saat sholat subuh, berdzkir dengan membaca istighfar sebanyak 100 kali, dan membaca surah Al-Waqi’ah.”, ujarnya saat diwawancarai Okezone lewat sambungan telepon, Selasa 16 April 2019.

Disebutkan dalam kitab Abwabul Farj, bahwa di antara doa yang dianjurkan setelah membaca surah Al-Waqi’ah di waktu pagi dan sore hari adalah doa berikut; 

اَللَّهُمَّ صُنْ وُجُوْهَنَا بِاْليَسَارِ,وَلاَتُوهِنَّابِاْلاِقْتَارِ , فَنَسْتَرْزِقَ طَالِبِيْ رِزْقِكَ وَنَسْتَعْطِفَ شِرَارَخَلْقِكَ وَنَشْتَغِلَ بِحَمْدِ مَنْ اَعْطَانَاوَنُبْتَلَى بِذَمِّ مَنْ مَنَعَنَاوَاَنْتَ مِنْ وَرَاءِذَلِكَ كُلِّهِ اَهْلُ اْلعَطَاءِ وَاْلمَنْعِ . اَللَّهُمَّ كَمَاصُنْتَ وُجْوُ هَنَاعَنِ السُّجُوْدِاِلاَّلَكَ . فَصُنَّاعَنِ اْلحاَجَةِاِلاَّاِلَيْكَ بِجُوْدِكَ وَكَرَمِكَ وَفَضْلِكَ , يَااَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ (ثالاثا) اَغْنِنَابِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ . وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَامُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ.

Allohumma shun wujuhana bil yasar wala tuhinna bil iqtar fanastarziqa tholibi rizqika wa nasta’thifa syiroro kholqika wa nasytaghila bihamdi man a’thona wa nubtala bi zammi man mana’ana wa anta min wara-i zalika ahlul ‘atho-i wal man-‘i. Allohumma kama shunta wujuhana ‘anis sujudi illa laka fa shunna ‘anil hajati illa ilaika bijudika wa karomika wa fadhlika ya arhamar rohimin (3x) wa shollallohu ‘ala sayyidina muhammadin wa ‘ala alihi wa shohbihi wa sallam.

Arti doa ini: “Ya Allah jagalah/lindungilah harga diri kami dengan kemudahan rizqi, dan jangan engkau hinakan kami dengan kemiskinan (sempitnya rizqi), hanya kepadaMU kami memohon rizqi, dan meminta belas kasihan, kami sibuk memuji orang-orang yang telah memberi kepada kami, dan kami diuji dengan mencela orang-orang yang tidak mau memberi kepada kami, padahal dibalik itu semua hanyalah Engkau yang bisa memberi dan mencegahnya, Ya Allah sebagaimana engkau jaga wajah dan harga diri kami dari sujud kepada selain Engkau, maka jagalah pula kami dari meminta kepada siapapun selain Engkau, dengan kemurahan, kedermawanan, dan kebaikanMu Wahai Tuhan yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang, cukupilah kami dengan yang halal dari yang harom, dan keta’atan dari kema’siatan, dan dengan kebaikanMu dari selain Engkau, mudah-mudahan rohmat dan salam Allah SWT selalu tercurahkan atas Nabi Muhammad SAW beserta keluarga dan para Sahabatnya.”

(ABD)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini