Dimensi Vertikal dan Horizontal Puasa

Selasa 07 Mei 2019 04:21 WIB
https: img.okezone.com content 2019 05 07 330 2052330 dimensi-vertikal-dan-horizontal-puasa-YgE6bXMjfH.jpg

SETIAP ibadah selalu mengandung dimensi vertikal dan horisontal. Vertikal adalah aspek teosentris atau ketuhanan. Horizontal adalah aspek antroposentris atau kemanusiaan.

Dimensi vertikal puasa berupa penafikan diri dari segala bentuk hasrat duniawi, baik berupa makanan maupun kenikmatan seksual untuk melebur kepada kenikmatan sejati bersama Allah, sumber dari segala kenikmatan.

Kefanaan dirinya yang hanya menggantung pada Allah adalah hasil dari proses penyucian diri yang dilakukan orang beriman di bulan puasa. Karena laku spiritual sangat ditekankan bagi orang puasa yang terus diasah siang malam dengan amalan-amalan lebih yang berbeda dengan di luar bulan puasa.

Dimensi horizontal puasa adalah persamaan (egalitarianism). Semua orang Islam, kaya maupun miskin, harus menahan lapar dan nafsu lainnya dari sejak fajar hingga terbenamnya matahari. Orang yang di rumahnya penuh stok makanan dengan orang miskin yang tidak punya ransum makanan sama sekali, sama-sama harus merasakan lapar demi mencapai ridha ilahi.

Esensi puasa adalah menahan diri dari kerakusan urusan dunia dan perut. Orang puasa harus mengikatkan dirinya dengan tali kesederhanaan yang diatur oleh Islam yang mempunyai nial tawazun (keseimbangan). Sekaya apapun orang tidak boleh ‘israf’ (berlebihan) dalam urusan perut.

Turunan dari prinsip persamaan ini adalah terbentuknya empati sosial untuk memperjuangkan persamaan hak umat atas semua aspek, baik itu ekonomi, politik, maupun sosial budaya. Wujud konkretnya adalah perjuangan untuk memeratakan tingkat kesejahteraan umat sehingga hak-hak mereka atas kehidupan yang lebih baik dapat terpenuhi. Itulah mengapa di bulan suci Ramadan ini setiap orang muslim didorong untul membayar zakat dan memperbanyak infaq dan sedekah sebagai wujud dari empati sosial dan persamaan sesama manusia di hadapan Allah.

Inspirasi Ramadhan 1440 H

Oleh Ali Masykur Musa

(Ketua Umum PP ISNU-Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya