Melihat Keunikan Masjid Bambu di Kota Cirebon

Fathnur Rohman, Jurnalis · Jum'at 10 Mei 2019 04:43 WIB
https: img.okezone.com content 2019 05 10 615 2053800 melihat-keunikan-masjid-bambu-di-kota-cirebon-ZU0pWLX1Yg.jpg

TENANG, begitulah suasana yang akan kita dapatkan saat mengunjungi Masjid Ash Shamad, yang berada di Kelurahan Kebonbaru, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon, Jawa Barat. Masjid ini terbilang unik, karena merupakan satu-satunya masjid bambu di Kota Cirebon.

Masjid Ash Shamad sendiri bisa menjadi pilihan terbaik untuk melaksanakan ibadah salat. Pasalnya, suhu udara yang ada di masjid bamboo tersebut sangat sejuk. Hal ini tentu sangat berbeda, dengan suhu udara Cirebon yang biasanya cenderung panas.

Berdiri di atas tanah dengan luas sekira 370 meter persegi, masjid bambu ini menampilkan kesan begitu alami khas pedesaan. Biasanya, orang-orang yang datang ke masjid ini mengaku akan lebih khusyuk ketika mengerjakan salat.

"Saya datang ke sini (Masjid Bambu) karena sejuk. Saya juga lebih khusyuk ketika salat, " ujar salah satu jemaah, Muhammad Jufri, kepada Okezone.

Pria yang akrab disapa Jufri ini mengatakan, dirinya merasa sangat terpukau dengan keunikan masjid bambu ini.

Menurutnya, selain unsur bambu yang ada pada arsitekturnya, masjid ini juga dihiasi oleh ornamen-ornamen yang sangat memanjakan mata. "Ini masjidnya bagus dan unik. Ada ornamen dari cangkang kerang juga, " tambahnya.

Sementara itu, menurut sang pemilik masjid, Watid Syahriar, ia memang sengaja mendirikan masjid bambu yang hampir semuanya terbuat dari bambu.

Ia sendiri memilih bambu jenis Betung untuk bahan masjid tersebut. “Bambu dikenal kuat kokoh dan awet. Makanya saya menggunakan bambu,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini