nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lebih Baik Mana, Salat Tarawih di Masjid atau di Rumah?

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 13 Mei 2019 18:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 05 13 614 2055130 lebih-baik-mana-salat-tarawih-di-masjid-atau-di-rumah-zsfqnSQb2d.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Salat Tarawih merupakan salat sunnah yang dilakukan secara khusus hanya pada bulan Ramadan. Tarawih dalam bahasa Arab adalah bentuk jama' dari تَرْوِيْحَةٌ yang diartikan sebagai "waktu sesaat untuk istirahat".

Menurut penjelasan Ustaz Najmi Fathoni, dalam sejarah hadis, Rasulullah sendiri tidak pernah salat Tarawih berjamaah sebulan penuh.

Beliau mempunyai alasan khusus karena ditakutkan salat ini nantinya akan menjadi wajib. Kalau sudah diwajibkan bisa jadi ‘berbahaya’ bagi umatnya.

"Menjaga salat lima waktu saja terasa beratnya, apalagi yang 30 hari. Karena pada dasarnnya Rasulullah mengetahui kemampuan dan kekuatan umatnya. Dan perlu diketahui, Tarawih itu hukumnya Sunnah, jadi boleh saja jika dilakukan seorang diri di rumah," tutur Ustaz Najmi Fathoni saat dihubungi Okezone, Senin (13/5/2019).

 Baca Juga: Promo Bukber di 5 Restoran Cepat Saji yang Patut Dicoba

Lebih lanjut, ia menerangkan, pelaksanaan salat Tarawih satu bulan penuh dan berjamaah itu baru dilakukan pada masa Khalifah Umar Bin Khattab. Hal ini tentu saja menarik untuk didalami lebih lanjut, terutama menyangkut penjel

asan tentang keutamaan salat tarawih secara berjamaah dengan melaksanakan Tarawih sendirian di rumah.

Dalam pandangannya, Najmi menjelaskan bahwa salat Tarawih yang dilakukan secara bersama-sama di masjid, cenderung lebih baik dibandingkan melakukannya seorang diri di rumah. Ini juga tidak terlepas dari hadis yang menjelaskan tentang keutamaan salat berjamaah.

Dari Anas radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pada suatu malam mengakhirkan salat Isya sampai tengah malam. Kemudian beliau menghadap kami setelah salat, lalu bersabda,

صَلاَةُ الْجَمَاعَةِ أَفْضَلُ مِنْ صَلاَةِ الْفَذِّ بِسَبْعٍ وَعِشْرِينَ دَرَجَةً

“Salat jamaah lebih baik 27 derajat dibanding salat sendirian.” (HR. Bukhari, no. 645 dan Muslim, no. 650).

Dengan demikian, orang yang melakukan salat Tarawih di masjid setidaknya mendapatkan beberapa pahala yakni, pahala salat sunnah dan pahala salat berjamaah.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini