nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Kue Tradisional dengan Kuah Gula Merah Cocok untuk Menu Buka Puasa

Tiara Putri, Jurnalis · Rabu 15 Mei 2019 17:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 05 15 614 2056057 5-kue-tradisional-dengan-kuah-gula-merah-cocok-untuk-menu-buka-puasa-GMA1OZpR4k.jpg Kue lupis menu buka puasa dengan kuah gula merah (Foto : @verajj/Instagram)

Sajian menu buka puasa yang memiliki cita rasa manis seringkali menjadi pilihan bagi banyak orang. Selain itu, makanan manis juga bisa mengembalikan energi yang hilang. Terlebih sepanjang hari tubuh tidak diberikan asupan energi baik dari makanan maupun minuman.

Untuk menu buka puasa, kue-kue tradisional yang bercita rasa manis bisa menjadi pilihan. Kali ini Okezone akan membahas kue-kue yang disajikan bersama gula merah. Berikut ulasannya seperti yang dirangkum, Rabu (15/5/2019) :

Serabi

Makanan dari Jawa Barat ini merupakan kue basah. Bahan pembuatnya adalah tepung beras, santan, kelapa parut, dan sedikit garam. Selain rasanya yang khas, cara pembuatan serabi cukup khas yaitu menggunakan cetakan dari tanah liat yang dibakar menggunakan arang. Ada 2 rasa pada serabi yaitu manis dan gurih. Pada serabi yang bercita rasa manis biasanya disajikan dengan kuah kinca yaitu campuran santan kelapa dan gula merah.

serabi enak buat menu buka puasa

(Foto : @cynthiahali/Instagram)

Lupis

Selanjutnya ada kue yang terbuat dari beras ketan putih yaitu lupis. Meski begitu, lupis biasanya memiliki warna hijau karena pada saat dimasak dibungkus dengan daun pisang. Selain itu, kue ini juga memiliki 2 bentuk yaitu segitiga atau lingkaran.

Lupis disajikan bersama dengan kelapa parut dan kuah gula merah sehingga memberikan perpaduan rasa yang lezat di lidah. Pas banget kan kue lupis untuk menu buka puasa kalian.

kue lupis enak untuk menu buka puasa

(Foto : @verajj/Instagram)

Gegicak

Bagi Anda yang berasal dari Kalimantan tentu tidak asing lagi dengan gegicak. Kue tradisional ini terbuat dari tepung beras dan tepung ketan. Tekstur kue ini terbilang kenyal dan di bagian atasnya terdapat cekungan berbentuk lingkaran. Biasanya di cekungan tersebut diisi dengan kuah gula merah sehingga menambah cita rasa.

Gegicak menu buka puasa pakai kuah gula merah

(Foto : @friel_sit/Instagram)

Bolu peca

Kemudian ada bolu peca yang merupakan kue tradisional dari Sulawesi Selatan. Seperti bolu pada umumnya, bolu peca memiliki tekstur yang mirip dengan sponge cake dan berwarna coklat. Biasanya kue tersebut diletakkan di atas kuah gula putih.

Bolu Peca untuk menu buka puasa

(Foto : @royal_food22/Instagram)

Petulo

Terakhir ada petulo yang berasal dari Banyuwangi. Bentuk kue yang terbuat dari tepung beras ini mirip seperti tumpukan mi. Biasanya dalam satu piring ada beberapa petulo yang disajikan dengan warna yang berbeda-beda sehingga membuatnya terlihat lebih indah. Petulo semakin nikmat disantap denghan kuah dari campuran santan dan gula merah.

petulo menu buka puasa dengan kuah gula merah

(Foto : @martyawidya/Instagram)

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini