nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengulik Proses Pembuatan Kunafa, Kudapan Buka Puasa Khas Arab Saudi

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 16 Mei 2019 10:11 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 05 16 614 2056344 mengulik-proses-pembuatan-kunafa-kudapan-buka-puasa-khas-arab-saudi-9STcdkuLBa.jpg Kunafa kudapan spesial buka puasa khas Arab Saudi (Foto : Arabacademy)

Setiap negara memiliki tradisi masing-masing dalam merayakan bulan suci Ramadan. Seperti Arab Saudi yang selalu menyajikan kudapan lezat bercita rasa manis untuk buka puasa. Hidangan itu bernama Kunafa.

Kunafa memiliki keunikan tersendiri dibanding kudapan lainnya. Makanan ini bisa disajikan dalam kondisi hangat maupun dingin saat buka puasa. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat Kunafa pun terbilang sederhana.

Huda Abdelkader, salah satu chef profesional asal Arab Saudi mengatakan kepada Khaleej Times bahwa bahan utama untuk membuat Kunafa adalah adonan tepung yang sudah difermentasi.

"Untuk membuatnya, Anda hanya perlu menambahkan tiga cangkir susu dalam sebuah mangkuk, lalu panaskan wajan dengan api sedang. kemudian tambahkan tiga ssndok makan tepung terigu dan tiga sendok tepung jagung," ujar Huda Abdelkader.

Kunafa kudapan spesial buka puasa khas Arab

Setelah adonan tercampur rata, segera tambahkan empat sendok teh gula. Lalu aduk lagi sembari memasukkan 1,5 bungkus bubuk keju. Campur semua bahan hingga benar-benar rata, dan pastikan tidak ada gumpalan keju. Adonan Kunafa siap dibentuk.

"Potong Kunafa menggunakan pisau atau gunting. Atau masukkan Kunafa ke dalam food processor hingga bentuknya menjadi lebih kecil," tambah Huda.

Tambahkan 250 gram mentega tawar dan buat mentega ke dalam Kunafa, jelasnya. Setelah itu, tempatkan setengah dari Kunafa di wajan, dan tambahkan isinya.

Rendam tangan Anda dalam air dingin dan tepuk-tepuk isinya dengan merata, katanya. Lalu tempatkan Kunafa yang tersisa di isian. Abdelkader mengatakan Kunafa harus terus ditepuk untuk mengamankan isinya.

"Panggang Kunafa dengan suhu lebih dari 180 derajat sampai menjadi sedikit keemasan, selama sekitar 30 hingga 45 menit. Panggang hingga warnanya keemasan," kata Huda.

Setelah matang, segera tuangkan sirup gula dingin secara merata di atas Kunafa yang panas, biarkan dingin hingga suhu kamar, pindahkan ke piring saji. Kemudian potong Kunafa menjadi kotak-kotak atua sesuai selera.

"Jika menggunakan kismis dan kenari, taburkan di lapisan atas Kunafa dengan kayu manis dan gula, tutup dengan sisa setengah Kunafa, dan tekan dengan lembut," tukasnya.

Kunafa dapat disajikan panas, hangat, atau dingin saat buka puasa. Anda juga bisa menambahkan keju menambahkan lebih banyak lagi gula atau sirup. Demikian dilansir Okezone dari Khaleej Times, Rabu (15/5/2019).

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini