nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Es Tape Ketan Bakung, Minuman Khas Cirebon yang Cocok Dinikmati saat Buka Puasa

Fathnur Rohman, Jurnalis · Senin 20 Mei 2019 17:32 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 05 20 614 2058047 es-tape-ketan-bakung-minuman-khas-cirebon-yang-cocok-dinikmati-saat-buka-puasa-afEbk1cTLE.jpg Es Tape Ketan Bakung khas Cirebon (Foto : Fathnur Rohman/Okezone)

Selain memiliki makanan khas yang beraneka ragam, Kabupaten Cirebon juga ternyata memiliki minuman khas yang tidak bisa dijumpai di tempat lain. Minuman tersebut adalah es tape ketan Bakung yang biasa diburu untuk buka puasa.

Es tape ketan Bakung sendiri, berasal dari Desa Bakung, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Minuman ini terbuat dari ketan yang difermentasi, kemudian diberi air yang sudah dicampur daun katuk, sebagai pemanis serta pewarna alami. Rasa manis bercampur dengan asam hasil dari ketan yang di fermentasi, menambah cita rasa unik pada minuman ini. Es tape ketan Bakung sangat cocok dinikmati saat buka puasa.

Atmi (33), salah seorang pedagang es tape ketan Bakung menjelaskan, jika minuman ini sudah ada sejak dulu. Menurutnya, orang yang pertama kali memplopori minuman khas tersebut adalah neneknya. Saat ini, es tape ketan Bakung sering diburu oleh masyarakat Cirebon, karena citara rasa uniknya.

es tape ketan cirebon

"Ranya asam manis. Rasa asam berasal dari ketan yang difermentasikan, makanya disebutnya tape,” ujarnya saat ditemui Okezone, Senin (20/5/2019).

Atmi mengaku, untuk membuat es tape ketan Bakung, diperlukan waktu selama 4 jam untuk fermentasi ketan. Lebih lanjut, ia menuturkan, jika dirinya bisa menguasai tekhnik membuat es tape, karena sang nenek.

segelas es tape ketan

Selama bulan Ramadan, disampaikannya banyak masyarakat yang menjadikan es tape ketan Bakung, sebagai jajanan menjelang buka puasa. Bianya ia menjual 80 hingga 100 bungkus es tape, dengan harga Rp. 3000.

"Harganya itu cuman Rp3000 saja. Biasanya bisa buat sampai 80 atau 100 bungkus, " pungkasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini