nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jelang Libur Lebaran, Kemenpar Luncurkan Pesona Mudik 2019

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Rabu 22 Mei 2019 17:31 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 05 22 615 2059068 jelang-libur-lebaran-kemenpar-luncurkan-pesona-mudik-2019-j6qivVFMwd.jpg Menpar Arief Yahya (Foto: Kemenpar)

Musim libur Lebaran sudah di depan mata. Masyarakat yang merantau pun bersiap menyambut Lebaran bersama keluarga dengan mudik ke kampung halaman.

Untuk menyambut musim liburan ini, Kementerian Pariwisata meluncurkan Pesona Mudik 2019 yang terdiri dari beberapa program. Di antaranya adalah lomba foto Instagram #PesonaMudik2019, Info 10 Top Kuliner dan 10 Destinasi Mudik, serta Pesona Mudik 2019 Co Branding.

Lomba foto Pesona Mudik 2019 dibagi menjadi dua periode. Pada periode pertama, ada dua tema yang diperlombakan, yaitu Pesona Kuliner dan Pesona Destinasi. Periode pertama berlangsung hingga 26 Mei 2019.

Sedangkan pada periode kedua, mengambil tiga tema, yakni Pesona Kuliner, Pesona Destinasi, dan Pesona Event. Periode kedua ini berlangsung dari 26 Mei sampai 10 Juni 2019.

 Pria memakai baju muslim

Untuk mengikuti lomba foto, caranya adalah dengan mengunggah foto ke akun Instagram dan membubuhinya dengan caption yang menarik tentang kuliner, destinasi, atau event sesuai dengan tema yang diambil. Kemudian follow dan tandai foto tersebut ke akun @kemenpar @pesonaid_travel, serta @pesonamudik2019 dan #pesonamudik 2019.

Staff Khusus Menteri Bidang Komunikasi dan Media Kementerian Pariwisata, Don Kardono mengatakan lomba ini bertujuan untuk mengabadikan momen seru selama perjalanan mudik, sehingga bisa menjadi inspirasi untuk pemudik lainnya.

"Kita ingin mengumpulkan destinasi-destinasi seputar mudik, sehingga saat orang mengetik pesona mudik 2019, bisa menjadi referensi untuk pemudik yang akan pulang ke kampung halaman," ujar Don Kardono dalam Jumpa Pers Pesona Mudik 2019 di Balairung Soesilo Soedarman, Kementerian Pariwisata, Jakarta, Selasa, 21 Mei 2019.

 Pria memakai baju muslim

Kemenpar menyiapkan total hadiah Rp300 juta untuk dua periode lomba foto. Pengumuman pemenang akan dilakukan lima hari setelah penutupan.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, pada musim libur Lebaran akan ada pergerakan 20 juta wisatawan nusantara (wisnus). Lebih banyak 150 persen dari bulan-bulan biasa. Menurutnya, hal ini akan menguntungkan dari sisi wisnus, tetapi menjadi low season bagi wisatawan mancanegara (wisman).

"Tidak bagus untuk wisman terutama dari negara yang berpenduduk Islam, drop 50 persen tanpa pengganti. Karenanya, kita membuat program hot deal. Kita kerjakan di sekitar Kepri," ujar Arief Yahya.

Ia juga yakin pada Ramadan dan Lebaran kali ini, total pengeluaran masyarakat yang mudik akan naik 10 kali lipat, menjadi Rp200 triliun.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini