Bilal, Orang Pertama Mengumandangkan Azan yang Suara Langkahnya Terdengar di Surga

Gurais Alhaddad, Jurnalis · Selasa 02 Juli 2019 13:22 WIB
https: img.okezone.com content 2019 07 02 614 2073588 bilal-orang-pertama-mengumandangkan-azan-yang-suara-langkahnya-terdengar-di-surga-w5zsLOxqEE.jpg Azan dikumandangkan lewat menara masjid (Foto:Ist)

Umat Muslim pasti sudah tahu siapa itu Bilal Bin Rabah. Ia adalah Orang yang pertama kali mengumandangkan Azan dan memiliki suara yang indah. Seperti yang dikutip dari berbagai sumber, Senin (1/7/2019), Bilal berasal dari Habsyah dan memiliki kulit berwarna hitam.

Bilal masuk Islam saat ia masih menjadi budak dan memiliki peran yang penting bagi kejayaan Islam. Ia berpostur tubuh kurus dan tinggi dengan rambut yang tebal. Abu Bakar yang membeli Bilal saat masih menjadi budak dan membebaskannya.

surga

(Foto: Crosswalk)

Saat itu Abu Bakar menemukan Bilal di bawah terik sinar matahari ketika ia mendapat hukuman dari majikannya. Abu bakar lalu membeli Bilal karena melihat Bilal terus menerus disiksa oleh sang majikan saat ketahuan memeluk agama Islam.

Majikannya memaksa agar Bilal mau meninggalkan Islam. Ketika Bilal bebas, dia menjadi salah satu orang yang senantiasa menemani dan menjaga Rasullulah kemana pun Nabi Muhammad pergi.

Rasulullah SAW lantas memilih Bilal untuk menjadi muadzin atau orang pertama yang mengumandangkan azan. Dari Zaid bin Arqam, Rasulullah SAW bersabda,

“Iya, orang itu adalah Bilal, pemuka para muadzin dan tidaklah mengikutinya kecuali para muadzin. Para muadzin adalah orang-orang yang panjang lehernya di hari kiamat.”

Bilal dipilih menjadi muadzin pertama karena Bilal memiliki suara yang indah dan keras sehingga dapat menjangkau jarak yang jauh. Bilal pun menjadi orang pertama yang mengumandangkan azan.

Azan pertama Bilal dikumandangkan di Kota Madinah. Sosok Bilal mempunyai kedudukan istimewa bagi Nabi Muhammad SAW. Bilal dipastikan menempati surga oleh Nabi.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Bahkan suara langkah kaki Bilal pun terdengar hingga ke surga. Nabi Muhammad SAW mendengar suara sandal Bilal saat berada di surga pada malam Isra Mi’raj. Sebagaimana dari Abu Hurairah RA mengatakan,

“Rasulullah SAW bersabda kepada Bilal setelah menunaikan salat Subuh, ‘Wahai Bilal, beritahukanlah kepadaku tentang perbuatan-perbuatanmu yang paling engkau harapkan manfaatnya dalam Islam. Karena sesungguhnya tadi malam aku mendengar suara terompahmu di depanku di surga.’ Bilal RA menjawab, ‘Tidak ada satu perbuatan pun yang pernah aku lakukan, yang lebih kuharapkan manfaatnya dalam Islam dibandingkan dengan (harapanku terhadap) perbuatanku yang senantiasa melakukan salat (sunah) yang mampu aku lakukan setiap selesai bersuci (wudhu) dengan sempurna di waktu siang ataupun malam.” (HR. Muslim)

Bilal merupakan orang yang selalu menjaga wudhu dalam setiap kegiatannya sehari-hari. Ketika wudhunya batal, Bilal pun akan kembali berwudhu lagi lalu melakukan salat dua rakaat setelah wudhu.

Amalan tersebutlah yang membuat Bilal begitu istimewa hingga suara sandalnya pun terdengar hingga ke surga. Sosok sahabat Rasulullah SAW Bilal bin Rabah ini menjadi salah satu contoh, betapa Islam mengangkat derajat seluruh umat manusia. Tanpa memandang apakah seseorang berasal dari bangsa kulit cerah atau kulit gelap. Islam adalah Agama yang menolak rasisme.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya