nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Doa Nabi Ibrahim yang Membuat Hati Selalu Rindu Kakbah

Intan Afika, Jurnalis · Kamis 11 Juli 2019 05:02 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 07 10 618 2076982 ini-doa-nabi-ibrahim-yang-membuat-hati-selalu-rindu-kakbah-qhizBsPp8J.jpg Kakbah yang selalu dirindukan (Foto: Zawya)

Setiap umat Islam yang sudah pernah berhaji atau umrah pasti rindu ingin kembali berziarah ke Baitullah. Di sisi lain, meski belum pernah menginjakkan kaki di tanah suci Makkah, hati mereka senantiasa dipenuhi kerinduan untuk segera datang ke rumah Allah.

 Kakbah

(Foto: Daily Express)

Bahkan ada beberapa umat yang bersedia menjadi petugas bersih-bersih di Makkah saat musim haji. Mengapa demikian? Berikut telah Okezone rangkum dari berbagai sumber, Rabu (10/7/2019).

Allah ta'ala berfirman:

وَإِذْ جَعَلْنَا الْبَيْتَ مَثَابَةً لِلنَّاسِ وَأَمْنًا وَاتَّخِذُوا مِنْ مَقَامِ إِبْرَاهِيمَ مُصَلًّى ۖ وَعَهِدْنَا إِلَىٰ إِبْرَاهِيمَ وَإِسْمَاعِيلَ أَنْ طَهِّرَا بَيْتِيَ لِلطَّائِفِينَ وَالْعَاكِفِينَ وَالرُّكَّعِ السُّجُودِ

Dan (ingatlah), ketika Kami menjadikan rumah itu (Baitullah) Matsabah bagi manusia dan tempat yang aman. Dan jadikanlah sebahagian maqam Ibrahim tempat shalat. Dan telah Kami perintahkan kepada Ibrahim dan Ismail: "Bersihkanlah rumah-Ku untuk orang-orang yang thawaf, yang i'tikaf, yang ruku' dan yang sujud". [QS al-Baqarah: 125]

Matsabah adalah tempat yang dirindukan ruh dan akan terus dirindukan sekalipun berulang-ulang dikunjungi setiap tahun. Lalu mengapa hati kita senantiasa rindu dengan Kakbah? Ternyata ini semua adalah karena doa Nabi Ibrahim yang dikabulkan Allah ta'ala, saat berdoa:

رَبَّنَا إِنِّي أَسْكَنْتُ مِنْ ذُرِّيَّتِي بِوَادٍ غَيْرِ ذِي زَرْعٍ عِنْدَ بَيْتِكَ الْمُحَرَّمِ رَبَّنَا لِيُقِيمُوا الصَّلَاةَ فَاجْعَلْ أَفْئِدَةً مِنَ النَّاسِ تَهْوِي إِلَيْهِمْ وَارْزُقْهُمْ مِنَ الثَّمَرَاتِ لَعَلَّهُمْ يَشْكُرُونَ

Artinya, “Ya Rabb kami, sesungguhnya aku telah menempatkan sebahagian keturunanku di lembah yang tidak mempunyai tanam-tanaman di dekat rumah Engkau (Baitullah) yang dihormati, ya Rabb kami (yang demikian itu) agar mereka mendirikan salat, maka jadikanlah hati sebagian manusia cenderung kepada mereka dan beri rezekilah mereka dari buah-buahan, mudah-mudahan mereka bersyukur.” (QS. Ibrahim: 37).

Dari ayat ini dijelaskan, dari Syaikh Abdurrahman As-Sa’di rahimahullah berkata, “Allah mewajibkan haji ke Baitullah di mana Allah menempatkan anak keturunan Nabi Ibrahim dan Allah menjadikannya suatu rahasia mengagumkan yang memikat di hati.”

“Yaitu orang berhaji (ke Kakbah) dan tidak ditunaikan terus menerus, namun setiap kali seorang hamba pergi bolak-balik ke kakbah maka semakin bertambah kerinduannya, semakin besar kecintaannya dan kerinduannya.“ (Taisir karimir rahman : 427)

 

Dari penjelasan di atas, maka tak heran jika umat Muslim yang belum pernah ke tanah suci ingin sekali datang, dan yang sudah pernah datang ingin kembali lagi. Sementara yang sudah berhaji pun rela dikirim ke tanah suci meski hanya menjadi petugas kebersihan. Betapa mulianya rumah Allah SWT ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini