nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ibu, Jangan Main HP Terus! Jalankan Perintah Allah Susui Bayi 2 Tahun Penuh

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 23 Juli 2019 14:02 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 07 23 614 2082462 ibu-jangan-main-hp-terus-jalankan-perintah-allah-susui-bayi-2-tahun-penuh-8tx6XmhdFS.jpg Bayi harus diberi susu ibu hinggadua tahun (Foto: Pampers India)

Nasihat memberikan air susu ibu (ASI) mungkin sudah sangat Anda ketahui. Bahkan, Anda pun paham betul bagaimana manfaat kesehatan untuk si ibu dan bayi jika memberikan ASI.

 Ibu dan anak

Tapi, tahukah Anda kalau perintah menyusui anak ini pun pernah diterangkan Allah SWT dalam Alquran? Ini pun menjadi bukti kalau Allah SWT mengatur semua yang ada di bumi-Nya, tak terkecuali bagaimana cara ibu mengurus anak.

Dalam buku Sains dalam Alquran: Mengerti Mukjizat Ilmiah Firman Allah karya Dr Nadiah Thayyarah, Allah berfirman:

"Para ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan. Dan kewajiban ayah memberi makan dan pakaian kepada para ibu dengan cara makruf. Seseorang tidak dibebani melainkan menurut kadar kesanggupannya. Janganlah seorang ibu menderita kesengsaraan karena anaknya dan seorang ayah karena anaknya, dan waris pun berkewajiban demikian. Apabila keduanya ingin menyapih (sebelum dua tahun) dengan kerelaan keduanya dan permusyawaratan maka tidak ada dosa atas keduanya. Dan jika anakmu ingin disusukan oleh orang lain maka tidak ada dosa bagimu apabila kamu memberikan pembayaran menurut yang patut. Bertakwalah kamu kepada Allah dan ketahuilah bahwa Allah Maha melihat apa yang kamu kerjakan." (Al-Baqarah: 233).

Ayat ini menjadi seruan bagi para ibu agar menyusui anaknya sendiri. Ayat ini juga menentukan masa ideal sepersusuan itu agar bayi mendapatkan gizi yang cukup dari susu ibunya (penyusuan normal).

Gizi yang dikandung ASI pun diketahui lebih baik dibandingkan gizi yang didapat dari susu sapi atau susu bubuk (penyusuan buatan). Ada pula proses penyusuan kombinasi, yaitu bayi diberikan ASI yang dicampur dengan susu buatan.

Seperti diketahui di era milenian ini banyak ibu yang sibuk main Hp terus karena memantau media sosial. Sebaiknya ibu harus lebih memperhatikan anaknya dan mengurangi main HP!

Manfaat ASI untuk si anak sangatlah luar biasa. Berikut beberapa manfaat ASI untuk bayi yang disarankan diberi dua tahun penuh atau setidaknya enam bulan setelah si bayi dilahirkan.

 

1. Berkualitas

ASI diciptakan dengan susunan yang sesuai dengan kebutuhan tubuh bayi dan organnya yang beragam. Oleh sebab itu, ASI lebih cocok untuk bayi, lebih tahan dan lebih sedikit bahayanya ketimbang susu hewani lainnya. Walau pun susu hewani itu sudah ditambah gizi dan nutrisi lainnya.

 

2. Susu ibu mudah dicerna

Proses pencernaan ASI di lambung berlangsung hanya satu setengah jam hingga dua jam. Selama masa itu, lambung mengalami proses pengosongan. Sedangkan pengosongan dari susu sapi terjadi selama tiga jam. Hal itu karena butir-butir protein ASI amat halus dan mudah dipecah dalam lambung. Tidak demikian dengan butir-butir susu sapi. Tetapi butir protein susu sapi bisa dihaluskan dengan dipanaskan atau diuap, diasamkan, atau dinaturalisasi.

3. Suci dan bersih

Seorang bayi mengisap ASI langsung dari puting payudara ibunya tanpa terkontaminasi kuman. Sedangkan susu buatan tidak terbebas dari kontaminan walau pun cara penyajiannya baik dan telah disterilisasi. Persentase kematian akibat susu buatan mencapai 3-4 kali lipat dibanding akibat ASI cara penyajian ini.

 

4. Suhunya konstan dan stabil

Seorang bayi mendapat seluruh hisapan susunya dari ibu dengan satu suhu yang stabil. Sedangkan pada susu buatan stabilitas suhu ini sulit didapat.

5. ASI memberi daya tahan dan kekebalan tubuh

Terutama pada ASI istimewa yang keluar saat pertama kali diisap bayi. Di dalam ASI istimewa ini terdapat banyak unsur-unsur kekebalan tubuh seperti globulin, terutama IGA, dan unsur kekebalan selular, transferrin, dan lysozyme. Semua unsur itu ikut mengalir dalam ASI istimewa.

6. Ekonomis

 

ASI bisa menghemat biaya dan waktu, karena dengan ASI, kita tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli susu, botol, dan karetnya. ASI juga dapat menghemat waktu ibu dalam menyediakan susu botol.

7. ASI memperkuat hubungan ibu dan bayi

ASI membuat ibu lebih dekat dan perhatian kepada anaknya, karena dia adalah jaminan satu-satunya yang mendorong si ibu agar terus merawat anaknya sendiri.

Sementara itu, ada manfaat juga yang bakal dirasakan si ibu dengan dia memberikan ASI. Apa saja?

Salah satu yang menjadi hal penting di era sekarang adalah memberikan ASI bisa meminimalisir kanker payudara. Memang penyebabnya sampai sekarang belum diketahui, namun para ahli mendapati fakta, semakin perempuan itu menyusui anaknya, semakin terhindar dia dari risiko kanker payudara.

Sebagaimana terbukti, dengan menyusui bayi, rahim ibu akan cepat kembali ke bentuk dan kembali ke keadaan semula. Hal ini karena isapan pada payudara dapat mendorong sekresi hormon kelenjar pituitari yang bernama oksitosin, yang perannya adalah memperkecil rahim dan mengembalikannya kepada keadaan semula seperti sebelum hamil.

1
2

Berita Terkait

Serba-serbi Muslim

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini