nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Punya Haters? Ini Nasihat Aa Gym untuk Kita

Muhammad Nazri, Jurnalis · Minggu 28 Juli 2019 04:39 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 07 27 330 2084427 punya-haters-ini-nasihat-aa-gym-untuk-kita-2abXvmBnEU.jpg Jangan terpengaruh haters (Foto: Be Somebody)

Haters atau orang yang membenci kita adalah orang yang tidak suka dengan apa yang kita perbuat, kita kerjakan, dan sifat dari kita. Bahkan seorang haters bisa sangat membenci perbuatan baik dari kita, mereka bisa mencari celah untuk melihat sisi buruk dari apa yang kita kerjakan.

 Haters

Pada zaman dahulu, haters kebanyakan dari lingkungan kita sendiri. Namun, pada zaman dengan teknologi yang berkembang dengan pesat ini, haters bisa berasal dari mana saja, bahkan orang yang terlampau jauh dari negara berbeda pun bisa menjadi haters kita.

Menanggapi dan menuruti perkataan seorang yang membenci kita sungguh tidak akan ada habisnya. Mengutip dari perkataan K.H. Abdullah Gymnastiar atau yang kita kenal dengan Aa Gym pada video yang diunggah di Instagram oleh akun @tausiyahku_, beliau berkata, “Ujaran kebencian dari orang lain adalah cerminan bagi mereka sendiri, bukan menjadi ancaman bagi diri kita. Ancaman untuk diri kita adalah keburukan kita sendiri.

"Perkataan orang lain tidak ada pengaruhnya. Nasib kita bukan ditentukan oleh perkataan orang, mulut orang. Hakikatnya Allah-lah yang menentukan takdir.”

Beliau juga menjelaskan, perkataan jelek dari orang lain itu adalah ladang bagi diri kita sendiri untuk bersyukur, ladang untuk tidak melakukan hal yang sama, ladang untuk kita bisa memaafkan kesalahan orang lain dan mendoakan kebaikan kepada mereka.

“Kita ini tidak boleh dipenjara oleh keburukan orang kepada kita. Kita tidak boleh diatur oleh keburukan orang kepada kita,” ucap Aa Gym.

Imam Al Mawardi dalam kitab Adabud Dunia wad Din menjelaskan, Rasulullah SAW bersabda, “Penyakit umat-umat sebelum kamu tengah merayap menjangkitimu, penyakit benci dan dengki. Dua penyakit itu menggunduli agamamu, bukan rambutmu. Demi Allah yang mana diriku berada dalam genggaman-Nya, kamu tidak beriman sempurna hingga kamu saling mencintai. Maukah kuberitahukan satu hal yang bila kamu lakukan, kamu akan saling mencintai? Tebarkan salam di antaramu.”

Pada kitab tersebut dijelaskan untuk menghindari kebencian, maka dianjurkan untuk setiap manusia saling mencintai satu sama lain. Untuk menumbuhkan rasa cinta, kita dapat menebar salam kepada orang lain.

Mustahil semua orang suka kepada kita. Orang yang tidak suka kepada kita bisa menjadi sebuah aset, karena mereka siang malam selalu memikirkan orang lain, sementara kita sibuk membenahi diri menjadi lebih baik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini