nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Masih Ada Sisa Daging Kurban, Bikin Saja Gulai Kambing Nikmat!

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 13 Agustus 2019 13:38 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 13 614 2091280 masih-ada-sisa-daging-kurban-bikin-saja-gulai-kambing-nikmat-nY4aQVPI20.jpg Lezatnya gulai kambing daging kurban (Foto: Cookpad)

Idul Adha telah berlalu, namun beberapa masyarakat mungkin masih menyimpan sisa daging kurban yang diberikan beberapa waktu lalu. Tentunya beberapa dari Anda masih merasa bingung untuk mengolah makanan yang pas untuk disajikan.

 Masak gulai

Terlebih jika daging kurban yang diperoleh adalah kambing. Diketahui, daging kambing memiliki bau yang cukup kuat yang biasa disebut dengan bau prengus.

Alhasil Anda harus pandai dalam mengolahnya, supaya tidak merasa mual saat dikonsumsi. Nah, menyulap daging kambing menjadi gulai yang kaya akan rempah bisa menjadi solusi yang baik untuk Anda!

Okezone akan membagikan resep gulai kambing nikmat yang bisa Anda coba. Berikut ulasannya.

 

Bahan yang diperlukan:

1 kg daging kambing dipotong-potong

12 siung bawang merah

4 butir kemiri

5 cabai merah

1 ruas jari jahe

2 jempol lengkuas

1 ruas jari kunci

5 lembar daun salam dan jeruk

3 serai

3 cengkeh

3 kapulaga

3 bunga lawang

3 sdm ketumbar

Pala dan jintan secukupnya

Cabai rawit secukupnya

Garam dan gula secukupnya

Santan secukupnya

Cara membuat:

1. Rebus daging kambing hingga air berubah warna menjadi kotor. Pastikan untuk merebus daging kambing tanpa mencucinya terlebih dahulu. Setelah air lama berubah kotor, angkat daging, bilas dan rebus kembali menggunakan air yang baru.

2. Haluskan beberapa bumbu seperti bawang merah dan bawang putih, cabai merah, jahe. Kunyit, kunci, kemiri, jintan dan pala. Semua bumbu halus tersebut lalu ditumis lalu masukan daun salam, daun jeruk, lengkuas, serai, kapulaga, bunga lawang dan cengkeh.

3. Setelah ditumis hingga harum, masukan daging beserta air rebusan ke dalam bumbu halus yang ditumis tadi. Tak lupa masukan pula cabai rawit, santan, garam, gula. Pastikan rasa makanan tersebut sesuai dengan selera Anda. Setelah semuanya selesai, angkat gulai kambing lalu beri taburan bawang goreng di atasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini