nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Indonesia Baru Punya Kulkas Halal, Taipei Sudah Sampai Sendok dan Garpu!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 14 Agustus 2019 21:06 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 14 614 2091919 indonesia-baru-punya-kulkas-halal-taipei-sudah-sampai-sendok-dan-garpu-H0nn4gllRL.jpg Sendok dan garpu halal (Foto: Realtor)

Masih ingat dengan hebohnya kulkas halal? Anda pun bertanya-tanya, apa sih faedah dari pelabelan halal di sebuah barang?

 Talk Show Sindo

Kita semua tahu kalau label halal itu kebanyakan diberikan untuk makanan dan minuman. Namun, untuk barang-barang guna rasanya tak usah mendapatkan label halal.

Lantas, apa faedahnya kulkas disertifikasi halal?

Diterangkan Direktur Eksekutif Indonesia Halal Watch Dr. H. Ikhsan Abdullah, SH, MH, jika Anda bertanya kenapa sekarang ini ada kulkas, deterjen, hingga makanan kucing yang halal, itu dilihat lebih ke arah kegunaannya.

Menurut Ikhsan, untuk deterjen cukup masuk akal diberi label halal. Sebab, penggunaan deterjen kan untuk membersihkan pakaian dan itu menyentuh kulit manusia. "Jadi, masuk akal kalau deterjen disertifikasi halal," terangnya pada Okezone dalam acara Talk Show Sindo 'Urgensi Kemandirian Badan Halal' di Auditorium Sindo Jakarta, Rabu (14/8/2019).

Ikhsan melanjutkan, yang menjadi lucu memang pemberian label halal pada kulkas. Menurutnya, kulkas sebenarnya tidak masuk dalam kategori barang gunaan yang membutuhkan sertifikasi halal.

"Tetapi, karena genitnya produsen, supaya laku dan menjadi yang pertama seakan-akan eye catching, membuatnya jadi menarik. Ya, ujung-ujungnya menggaet konsumen," sambungnya.

Dia melanjutkan, LPPOM MUI juga mungkin tidak menolak, karena itu sifatnya 'voluntary'. Jadi, produsen sudah diberi edukasi, tetapi mereka ingin lebih dari sekadar edukasi.

Di sisi lain, Ikhsan menjelaskan pada Okezone kalau Indonesia sejatinya masih tertinggal dari Taipei, Taiwan. Hal ini berdasar pengalamannya saat datang ke Taipei dan menginap di salah satu hotel muslim friendly.

Di momen itu, dia dikejutkan dengan adanya piring, sendok, dan garpu yang tersedia di hotel tersebut bersertifikat halal.

"Jadi, sebetulnya Indonesia kalah, kita baru kulkas yang dapat label halal, sedangkan Taipei sudah sampai ke piring, sendok, dan garpu," ungkapnya lantas tertawa kecil.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini