Share

Jangan Tinggalkan Salat Dhuha, Ini Pahalanya!

Yunita, Jurnalis · Kamis 22 Agustus 2019 04:42 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 21 614 2094987 jangan-tinggalkan-salat-dhuha-ini-pahalanya-WT8m7IYjWD.jpg Salat Dhuha pahalanya luar biasa (Foto: Pinterest)

Selain mengerjakan salat wajib umat Islam juga dianjurkan untuk mengerjakan salat sunah. Salat sunah ini pahalanya juga besar.

 Salat Dhuha penting dilakukan

Salat Dhuha adalah salat sunah yang dapat dilakukan ketika matahari sudah mulai naik sepenggalah sekitar pukul 7 pagi hingga matahari mulai tergelincir saat memasuki waktu Dzuhur.

Namun ada waktu yang paling tepat untuk melakukan salat Dhuha yaitu ketika matahari sudah agak tinggi dan panas agak terik.

Ibadah ini sangat dianjurkan untuk dikerjakan karena memiliki beberapa keutamaan-keutamaan yang sangat bermanfaat bagi yang melakukannya.

Untuk itu mulai dari sekarang, rajin-rajinlah melaksanakan salat Dhuha walaupun hanya sebanyak 2 rakaat karena meskipun hanya 2 rakaat namun memiliki manfaat yang sangat luar biasa.

Seperti yang dilansir dari akun Instagram milik @berkatrasulullah.aswaja, Rabu (21/8/2019), kebaikan salat Dhuha banyak sekali.

Kebaikan yang akan Anda dapatkan jika rutin melaksanakan salat Dhuha, di antaranya sebagai berikut:

1. Orang yang salat Dhuha akan diampuni. dosa-dosanya oleh Allah

"Barangsiapa yang selalu mengerjakan salat Dhuha niscaya akan diampuni dosa- dosanya walaupun sebanyak buih dilautan. " (HR. Turmudzi).

2. Barangsiapa yang menunaikan shalat Dhuha ia tergolong sebagai orang yang bertaubat kepada Allah.

"Tidaklah seseorang selalu mengerjakan shalat Dhuha kecuali ia telah tergolong sebagai orang yang bertaubat." (HR. Hakim).

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

3. Orang yang menunaikan shalat Dhuha akan dicatat sebagai ahli ibadah dan taat kepada Allah.

"Barangsiapa yang shalat Dhuha dua rakaat, maka dia tidak ditulis sebagai orang yang lalai. Barangsiapa yang mengerjakannya sebanyak empat rakaat, maka dia tulis sebagai orang yang ahli ibadah."

Barang siapa yang mengerjakan enam rakaat, maka dia diselamatkan hari itu. Barangsiapa yang mengerjakan delapan rakaat, maka Allah tulis dia sebagai orang yang taat.

Dan barangsiapa yang mengerjakan duabelas rakaat, maka Allah akan membangun sebuah rumah di surga untuknya. (HR. At-Thabrani).

4. Orang yang istiqamah melaksanakan salat Dhuha kelak ia akan masuk surga lewat pintu khusus, pintu Dhuha yang disediakan oleh Allah.

"Sesungguhnya di dalam surga terdapat sebuah pintu bernama pintu Dhuha. Apabila Kiamat telah tiba maka akan ada suara yang berseru, Di manakah orang-orang yang semasa hidup di dunia selalu mengerjakan salat Dhuha? ini adalah pintu buat kalian. Masuklah dengan rahmat Allah Subhanahu Wata'ala" (HR. At-Thabrani).

5. Allah mencukupkan rezekinya.

"Wahai anak Adam, janganlah engkau merasa lemah dari empat rakaat dalam mengawali harimu, niscaya aku (Allah) akan menyukupimu di akhir harimu " (HR. Abu Darda).

6. Orang yang mengerjakan salat Dhuha berarti telah mengeluarkan sedekah.

"Hendaklah masing-masing kamu bersedekah untuk setiap ruas tulang badanmu pada setiap pagi. Sebab tiap kali bacaan tasbih adalah itu sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh kepada yang ma'ruf adalah sedekah, mencegah yang mungkar adalah sedekah. Dan sebagai ganti dari semua itu, maka cukuplah mengerjakan dua rakaat shalat Dhuha " (HR. Muslim).

Dari Abu Hurairah, beliau berkata, “Kekasihku (Nabi Muhammad) mewasiatkan kepadaku untuk berpuasa tiga hari dalam tiap bulan, melakukan dua rakaat salat dhuha dan melakukan salat Witir sebelum tidur, " (HR. Bukhari dan Muslim).

Hadits diatas menegaskan bahwa Rasulullah sangat menganjurkan kita untuk melakukan shalat dhuha meskipun hanya 2 rakaat, padahal kita tahu bahwa setiap yang Rasulullah perintahkan kepada kita pasti memiliki manfaat dan kebaikan di dalamnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini