nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Reward Salat Wajib di Bulan Ramadan, Pahalanya Menggunung Sampai 10.500 Kali

Rabu 29 Mei 2019 00:03 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 05 28 330 2061535 reward-salat-wajib-di-bulan-ramadan-pahalanya-menggunung-sampai-10-500-kali-dgoTTjK433.jpg Umat muslim melaksanakan salat berjamaah di Masjid Istiqlal

SAAT Anda berada di gerbang Ramadan dan masuk di dalamnya, ternyata dari jarak yang sangat jauh, Ramadan telah menyiapkan kado istimewa untuk Anda. Kado yang belum pernah diberikan dalam sebelas bulan lainnya.

Maka, saat itu bagaikan sang kekasih yang merayakan ulang tahun di kehidupannya, Anda begitu antusias menyiapkan kado terbaik untuk kekasih. Anda mancari kado pilihan yang mungkin tidak anda temukan dalam satu hari. Tapi ketahuilah bahwa Ramadan juga telah menyiapkan kado sepesial untuk Anda.

Kado spesial Ramadan untuk Anda kali ini adalah, lipatan dan bonus pahala 10 hingga 700 kali lipat dari amal kewajiban yang anda lakukan. Bayangkan, 70 kali lipat bisa anda dapatkan hanya dengan 1 amal saja, maka saat anda menunaikan kewajiban itu secara maraton, mungkin anda tak kuat memikul kado istimewa, pahala yang anda dapatkan. Kado spesial ini tidak akan diberikan di bulan lainnya selain Ramadan. (coba bayangkan dan ulangi bacaan di atas, maka hati anda akan bergetar kencang).

Pada hari terakhir bulan Sya’ban, dengan khutbah panjang, Rasulullah menyampaikan kado istimewa tersebut di hadapan para sahabat, sembari bersabda,

... مَنْ أَدَّى فَرِيْضَةً فِيْهِ كَانَ كَمَنْ أَدَّى سَبْعِيْنَ فَرِيْضَةً فِيْمَا سِوَاهُ ...

“..... Siapa yang menunaikan suatu kewajiban (fardhu) pada bulan Ramdhan, maka ia seperti menunaikan 70 kali kewajiban (fardhu) di bulan lainnya......” (diriwayatkan oleh Ibnu Khuzaimah)

Hadis ini mengisyaratkan kelipatan pahala yang diberikan Allah kepada setiap hamba-Nya di bulan Ramadhan. Setiap melakukan 1 kewajiban sama seperti melakukan 70 kali kewajiban di bulan lainnya. Jika anda menunaikan 1 salat, maka dinilai sama dengan menunaikan 70 kali salat. Jika dalam sehari anda menunaikan salat 5 kali, maka kelipatannya adalah 5 salat X 70 = 350 pahala kebaikan. Jadi, dalam sehari anda bagai melakukan 350 shalat.

Kelipatan itu tentu bertambah banyak sesuai dengan keaktifan Anda melakukan salat tanpa bolong selama Ramadan. Silahkan Anda lipatkan salat anda –jika anda tidak bolong melakukannya-, dalam seminggu anda menunaikan salat secara istiqamah, berarti 5 X 7 =35 (salat dalam seminggu). Lalu lipatkanlah (35 X 70 kelipatan), maka silahkan anda menghitungnya dengan kalkulator pahala Anda. Inilah jawabannya, ( 5 X 7 X 70 = 2.450 ), maka dalam seminggu anda seperti melakukan kewajiban salat sebanyak 2.450 salat. Luar biasa!

Lalu bagaimanakah jika Anda melakukannya selama satu bulan penuh (30 hari) tanpa ada yang tertinggalkan, maka kalikanlah dengan kelipatan kalkulator Ramadan anda. Survei membuktikan ( 5 halat X 30 hari X 70 kali lipat = 10.500 salat ), jadi hasilnya dalam satu bulan, anda seperti menunaikan salat sebanyak 10.500 shalat. Subhanallah, kelipatan yang belum pernah kita rasakan seumur hidup.

Kelipatan itu terus bertambah, tatkala seorang hamba menambah dengan kewajiban lannya, misalnya kewajiban membayar zakat harta benda, zakat fitrah, dan kewajiban lainnya. Sungguh, tak terbayangkan bahwa umat Muhammad bisa meraih semuanya di bulan Ramadan. Maka beruntunglah bagi siapa saja yang bisa meraihnya tanpa lelah dan haus dahaga.

Saudaraku, ini seperti sebuah ‘memoar’, manakala anda mendapati ada pameran di kota besar dengan harga diskon big sale besar-besaran, maka apa yang terdetik dalam hati anda. Saya yakin anda ingin memborongnya dan membawanya pulang semua barang yang anda beli. Demikian juga, jika Allah mengobral pahalanya di bulan Ramadan dengan 70 kali lipat, maka apakah anda juga akan menmborongnya seperti anda memborong barang di pameran tadi.

Ketahuilah, bahwa suatu pameran dengan diskon besar-besaran akan anda temui di setiap bulan di kota-kota besar, tapi obral pahala Ramadan belum tentu akan anda jumpai di tahun mendatang. Sebab Ramadhan hanya akan anda jumpai setahun sekali, sementara kematian bisa saja menyapa manusia kapan pun juga. Dalam surat Thaha dijelaskan, “Perintahkanlah keluargamu salat dan bersabarlah terhadapnya.” (Qs. Thaha [20]: 132)

Oleh Dr. M. Masrur Huda, M.Pd.I.

Dai Ambassador Dompet Dhuafa, Dosen & Founder Quran Quantum Learning Program (QLP)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini