Ini Keindahan Surat Ar Rahman, Hadiah Roger Danuarta untuk Cut Meyriska

Novie Fauziah, Jurnalis · Senin 26 Agustus 2019 16:22 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 26 614 2096777 ini-keindahan-surat-ar-rahman-hadiah-roger-danuarta-untuk-cut-meyriska-ZOs3cFvvzb.jpg

Pernikahan Cut Meyriska dan Roger Danuarta cukup menghebohkan jagat hiburan, serta jadi buah bibir warganet. Pernikahan mereka digelar pada 17 Agustus 2019. Hal yang tidak terduga adalah Roger membacakan surat Ar Rahman, membuat mempelai wanitanya terkejut.

 Roger Danuarta menikah dengan Cut Meyriska

"Aku enggak nyangka karena waktu lagi persiapan pernikahan setiap hari ketemu Roger. Dia enggak pernah latihan di depan aku," kata Cut Meyriska dalam gelaran konferensi pers di kawasan Sudirman, Jakarta Selatan pada Minggu, (25/8/2019).

Di dalam Islam menyertakan ayat Alquran sebagai mahar itu sah-sah saja, karena makna atau kandungannya berkaitan dengan nilai-nilai kehidupan, khususnya untuk memulai rumah tangga. Namun ternyata, surat Ar Rahman yang dibacakan Roger saat itu, kata Cika (panggilan Cut Meyriska), bukanlah sebuah mahar.

"Hanya hadiah Roger untuk aku dan keluarga. Dengarnya pasti kaget dan terharu, tapi ini aku jadikan acuan untuk lebih baik lagi belajar agama," katanya.

Lantas, sebenarnya apa keutamaan Ar Rahman? Sampai Roger memilih surat ini sebagai hadiah pernikahan untuk istrinya.

Ustadz Muchtar Naseh mengatakan, jika Ar Rahman memiliki keutamaan, sebagaimana surah-surah Makkiyah lainnya. Karakteristik surah makkiyah biasanya pendek ayat-ayatnya, sangat besar pengaruh dan dampaknya, bertambah rasa takut terhadap kebesaran surah Makkiyah, berhubungan dengan pondasi keyakinan yaitu tentang monoteisme, berkaitan dengan dalil kekuasaan Allah, kenabian, wahyu, kiamat yang termasuk di dalamnya surga, neraka, nikmat dan kesengsaraan.

"Di samping itu, Surat Ar-Rahman mengilustrasikan kenikmatan besar di awal surah tersebut seperti nikmat agama, wahyu, turunnya Alquran, pengajaran Alquran terhadap manusia, dan semua itu merupakan nikmat yang besar yang dianugerahkan Allah untuk mukmin dan muslim," katanya saat dihubungi Okezone, Senin (26/8/2019).

Dia juga menambahkan, keberkahan mahar berupa Alquran sangatlah jelas. Baik itu yang dibacakan dengan tartil ditambah dengan suara indah, atau dibacakan melalui hafalan, maka keduanya pun baik disampaikan.

Hal ini sesuai dengan sabda Nabi Muhammad SAW riwayat Tirmidzi dari Abdullah bin Mas’ud:

"Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu berkat “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Siapa yang membaca satu huruf dari Alquran maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan الم satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf.”

Sedangkan menurut Ustadz Djaelanin (Udjae), sebuah surat yang ada di dalam Alquran sah menjadi bagian dari mahar pernikahan, atau sekadar hadiah untuk mempelai wanita yang telah jadi istri sahnya.

"Pastinya akan dapat keberkahan hidup. Tapi laksanakan apa yang ada di dalamnya (Alquran)," katanya pada Okezone.

Ustadz Udjae juga menambahkan, Surat Ar Rahman juga dikenal dengan nama Arus Alquran. Letak keindahan surat tersebut adanya pengulangan ayat yang berbunyi 'fabi ayyi aalaa'i Rabbikuma Tukadziban'. Dimana secara harfiyah, artinya pengantin Alquran. Diriwayatkan Imam Baihaqi, Nabi Muhammad SAW bersabda:

"Segala sesuatu memiliki pengantin, dan pengantinya Alquran adalah Ar Rahman."

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini