Menag Apresiasi Masjid yang Persilakan Kebaktian

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 30 Agustus 2019 20:04 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 30 614 2098769 menag-apresiasi-masjid-yang-persilakan-kebaktian-9QZErY1XzT.jpg Menag mengapresiasi masjid yang persilakan kebaktian (Foto: Twitter)

Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin mengapresiasi masjid yang mempersilakan dilakukan kebaktian tutup peti mati bagi jenazah non muslim di Cempaka Baru, Kemayoran, Jakarta Pusat. Awalnya, ada salah satu warga non-muslim yang meninggal di kawasan tersebut.

 Kebaktian di masjid

Namun karena rumah yang dituju berada di dalam gang yang cukup sempit, maka peti mati tidak bisa masuk. Alhasil tak bisa dilakukan kebaktian tutup peti mati di rumah keluarga jenazah tersebut.

Pihak keluarga pun harus mencari tempat lain untuk dilakukan kebaktian agar jenazah bisa didoakan. Akhirnya Masjid Darussalam, Cempaka Baru, Kemayoran, Jakarta Pusat mempersilakan jenazah non muslim tersebut untuk didoakan di depan halaman masjid tersebut.

Lukman mengaku bangga dengan sikap toleransi yang dilakukan oleh Masjid Darussalam. Ia mengunjungi Masjid Darussalam yang telah menolong umat non muslim untuk melakukan prosesi kebaktian tutup peti.

Dalam kesempatan itu, Lukman juga bersilaturahmi dengan para pengurus Masjid Darussalam.

"Banyak kalangan bahkan dari luar negeri yang mengapresiasi foto prosesi keagamaan di pelataran masjid tersebut. Ini sungguh menyejukkan, ini sesungguhnya ajaran Islam. Agama Islam membawa dan menebarkan damai, masjid ini bernama Darussalam, Subhanallah," kata Lukman seperti dikutip dari akun Twitter Kementerian Agama.

Lukman juga mengatakan, bagi pengurus masjid, viralnya berita ini bukan hal yang luar biasa. Tapi bagi orang lain ini jadi contoh kerukunan toleransi beragama di Indonesia.

"Mungkin bagi takmir atau pengurus masjid, berita dan viralnya foto tersebut biasa saja. Namun bagi dunia jadi sesuatu yang lain, sangat menyejukkan, bahwa Islam di Indonesia seperti ditunjukkan takmir masjid adalah Islam yang senantiasa menebarkan damai dan maslahat ," ujarnya.

Informasi ini pertama kali diunggah oleh pemilik akun Facebook Jeferson Goeltom. Dari foto yang diunggah, terlihat peti mati berada di halaman masjid.

Selain itu nampak juga para pelayat dan pendeta seperti sedang memanjatkan doa melalui kebaktian.

"Indahnya harmoni dan toleransi di Cempaka Putih. Hari ini mengikuti kebaktian tutup peti, di mana istri keponakan meninggal dunia," kata Jeferson dalam kepsyen unggahannya, Senin (26/8/2019).

Jefri pun merasakan adanya rasa toleransi yang tinggi antar umat beragama. Terlebih jenazah non Muslim dipersilakan melakukan kebaktian di halaman masjid karena kondisi rumah yang terletak di dalam gang sempit.

"Terima kasih saudaraku pengurus masjid dan masyarakat di sekitar atas bantuan dan 'toleransi yang super tinggi'. Kiranya Tuhan memberkati dan melindungi serta memberikan berkah yang indah untuk kalian semua. Love you all," ujarnya.

1
3
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini