Video Viral Pria Nangis Ditinggal Nikah, Ini Tipsnya untuk Sembuhkan Patah Hati

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 04 September 2019 12:52 WIB
https: img.okezone.com content 2019 09 04 616 2100505 video-viral-pria-nangis-ditinggal-nikah-ini-tipsnya-untuk-sembuhkan-patah-hati-ZhdXZ6hLUg.jpg Atasi patah hati (Foto: Netdoctor)

SEBUAH video viral di media sosial (medsos) seorang pria yang nekat menerobos pesta penikahan. Dia masuk ke dalam kamar pengantin, tak lain adalah kekasihnya yang ternyata sudah berhubungan selama 6 tahun.

Video viral yang diunggah oleh pengguna Facebook Tasya Sweet menyebutkan, bahwa pria tersebut bernama Azwar Anas Karaya berasal dari Mamasa, Sulawesi Barat. Karena tangisannya yang tersedu-sedu dan bikin momen pernikahan jadi super haru, video ini pun viral di medsos.

Dalam video tersebut, Hasni, sang mempelai wanita juga terlihat ikut menangis tersedu dari atas ranjang lantaran tak kuasa saat melihat Aswar menangis. Beberapa orang terlihat menenangkan Hasni yang ikut menangis saat itu.

Kemudian, bisa dipetik pelajaran dari video viral Azwar, perasaan seperti takut kehilangan dan takut kesendirian, bisa membuatnya sulit untuk berpisah dengan orang yang dicintai.  Akibatnya, ia menjadi posesif dan terobsesi dengan orang lain. Bahkan tindakan nekat yang dilakukan Azwar bisa jadi karena pelampiasan atas kesedihan yang dialami akibat patah hati.

Ketua Komunitas Dai Daiah Indonesia, Ustadz Mahfud Said mengatakan, bahawasannya prisip cinta adalah rahmat dari Allah. Seperti dalam surat Arrum ayat 21 yang berbunyi:

“Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untuk kalian semua istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikannya di antaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir.”

Ayat di atas menjelaskan, masih kata Ustadz Mahfud said, bahwa tujuan awal saling mengenal lebih dekat adalah pernikahan. Dan juga tidak disertai dengan hal-hal yang dapat mengakibatkan zina.

 Ilustrasi perkawinan

"Dalam keyakinan saya dari ayat di atas adalah tujuan awalnya adalah perkawinan. Jadi cinta yang ada untuk pernikahan. Tidak di dahului hal-hal yang mendekati zina," ujarnya saat dihubungi Okezone, Selasa (3/9/2019).

Cinta memang anugerah yang diberikan Allah. Begitu pun manusia, diciptakan berpasang-pasangan antara laki-laki dan perempuan. Kemudian dipersatukan dengan ikatan pernikahan dan melahirkan sebuah keturunan.

"Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak," (Al Imran 14).

"Jadi urutannya mengenal, menikah, menyalurkan syahwat dan selanjutnya cinta. Artinya mencintai sebelum nikah berisiko tinggi. Maka mencintai sebelum nikah harus diwaspadai, tidak layak sebagai Muslim Muslimah sampai pacaran yang lama, penuh risiko," Ustadz Mahfud said.

Lalu bagaimana jika yang dialami Azwar? Ditinggal kekasihnya yang sudah dia pacari selama enam tahun dan kini sudah menikah dengan lelaki lain. Sehingga membuatnya nampak frustasi karena terlanjur patah hati.

Untuk menghadapi kesedihan dan kesulitan, dari berbagai cara ada dua yang cukup mudah dilakukan:

1. Sabar. Artinya semua adalah kehendak Tuhan karena Dia memiliki rencana yang lebih baik. Tentunya jika mau berusaha lebih baik

2. Salat. Yaitu salat dengan khusyu. Ini berarti salat dengan meresapi atau serius, sehingga kita ketika sedang meresapi salat benar-benar di hadapan dan di dekat Allah SWT.

Berdoa

Sedangkan menurut Ustadz Agustin Amirudin, Ada empat hal yang sudah ditetapkan Allah untuk manusia saat masih berada di alam rahim. Yaitu, rizkinya, jodohnya, amalnya, bahagia dan celakanya.

"Ini masuk ke dalam keimanan seseorang terhadap Qada dan Qadar-Nya," kata Ustadz Agustin pada Okezone.

Selain itu, tambah Ustadz Agustin, seorang Mukmin hendaknya tidak berlarut dalam patah hati, dan bahkan tidak boleh patah hati karena dia yakin apa yang dialaminya atas kehendak Allah.

Dengan begitu, dia akan meningkatkna kualitasnya di hadapan mata yang Maha pembolak balik hati manusia.

"Dan mintalah pertolongan (kepada) Allah dengan sabar dan salat. Dan sesungguhhya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu, (yaitu) orang-orang yang menyakini, bahwa mereka akan menemui Robb-nya dan bahwa mereka akan kembali kepad-Nya”

(Al baqoroh 45-46).

"Karena Allah telah menetapkan, laki-laki yang baik untuk wanitanya," tutupnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini