Menikah pada Bulan Muharam Haram?

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 05 September 2019 20:18 WIB
https: img.okezone.com content 2019 09 05 614 2101162 menikah-pada-bulan-muharam-haram-y7JoeiGTwb.jpg Menikah bisa dilakukan dalam bulan apa saja (Foto: Hiveminer)

Banyak orang khususnya di Indonesia menentukan waktu yang tepat untuk melangsungkan pernikahan. Bahkan tradisi masyarakat Jawa memilih tanggal pernikahan yang tepat dengan cara dihitung. Termasuk di antaranya menghindari pernikahan di bulan Muharam.

 Menikah sesuai syariah

Sedangkan bulan baik yang dianggap cocok untuk menikah antara lain bulan safar, haji, atau syawal. Konon, bulan Muharam atau Suro dianggap kurang tepat untuk digelar pesta pernikahan karena dapat menimbulkan 'kesialan'.

Dilansir dari website Ponpes Tebu Ireng Online, seperti kepercayaan masyarakat Minangkabau, ada anjuran tidak menikah di bulan syawal, senada dengan kepercayaan orang Arab Jahiliyah.

Begitu pun dengan bulan muharam atau dikenal dengan suro (Jawa). Tidak diperbolehkan menikah, kecuali para priyayi. Mitos lainnya seperti, Nyi Roro Kidul sedang melangsukan hajatan pada bulan Suro sehingga manusia dilarang melakukan hal serupa.

Lalu apakah bulan Muharam tidak baik untuk melangsungkan pernikahan?

Bulan Muharram adalah salah satu waktu yang paling dimuliakan. Banyak umat Islam yang melakukan sunah-sunah pada bulan ini, seperti puasa Asyura dan Tasua.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Sebenarnya tidak ada hadist atau ayat yang melarang menikah ketika bulan Muharam. Islam pun menganjurkan tidak mengutuk suatu waktu.

Rasulullah bersabda,

قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ يُؤْذِينِى ابْنُ آدَمَ يَسُبُّ الدَّهْرَ وَأَنَا الدَّهْرُ أُقَلِّبُ اللَّيْلَ وَالنَّهَارَ

“Allah ‘azza wa jalla berfirman, ‘Anak Adam telah menyakiti-Ku; ia mencela dahr (waktu), padahal Aku adalah (pencipta) dahr. Di tangan-Ku segala perkara, Aku memutar malam dan siang.” (HR Muslim).

Jadi bagi kalian yang sudah siap menikah. Tak ada masalah untuk menikah di bulan Muharam sebab semua bulan itu memiliki kemuliaan dalam Islam.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya