Keutamaan Puasa Asyura, Salah Satunya Penghapus Dosa 1 Tahun

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 05 September 2019 12:35 WIB
https: img.okezone.com content 2019 09 05 616 2100951 keutamaan-puasa-asyura-salah-satunya-penghapus-dosa-1-tahun-QnVwLNJgx4.JPG Puasa Asyura sangat dianjurkan untuk dilakukan, pahalanya sungguh besar

Muharram jadi salah satu bulan yang dimuliakan oleh umat Islam, salah satunya karena menjadi penanda awal tahun baru hijriah. Ada beberapa sunah yang bisa Anda jalankan pada waktu ini. Berpuasa di hari ke sepuluh Muharram misalnya, yaitu Puasa Asyura.

Dilansir dari Tebu Ireng Online, Puasa Asyura adalah sebaik-baiknya puasa setelah Ramadan, seperti diterangkan berdasarkan hadist Nabi yang diriwayatkan Imam Muslim, yaitu:

أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللَّهِ الْمُحَرَّمُ وَأَفْضَلُ الصَّلاَةِ بَعْدَ الْفَرِيضَةِ صَلاَةُ اللَّيْلِ

“Puasa yang paling utama setelah (puasa) Ramadan adalah (puasa) di bulan Allah (bulan) Muharram, dan shalat yang paling utama setelah shalat wajib (lima waktu) adalah shalat malam”. (HR. Muslim:1163).

Meski salah satu puasa paling baik setelah Ramadan, Puasa Asyura hukumnya sunah, tidak wajib. Bagi mereka yang tidak berhalangan, Rasulullah menganjurkan untuk menunaikan Puasa Asyura karena terdapat banyak sekali keutamaan yang bisa Anda dapatkan.

مَا رَأَيْتُ النَّبِىَّ – صلى الله عليه وسلم – يَتَحَرَّى صِيَامَ يَوْمٍ فَضَّلَهُ عَلَى غَيْرِهِ، إِلاَّ هَذَا الْيَوْمَ يَوْمَ عَاشُورَاءَ وَهَذَا الشَّهْرَ. يَعْنِى شَهْرَ رَمَضَانَ

“Saya belum pernah melihat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memberikan perhatian terhadap puasa di satu hari yang beliau istimewakan, melebihi hari Asyura, dan puasa di bulan ini, yaitu Ramadan”. (HR Bukhari : 2006).

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Dengan sifat rahman dan rahim-Nya, bagi siapa saja yang menjalankan Puasa Asyura, maka akan menjadi kaffah artinya penebus dosa selama satu tahun. Untuk itu, jika Anda menunaikannya dengan hati yang ikhlas maka selain pahala, dosa-dosa pun akan berguguran.

وَصِيَامُ يَوْمِ عَاشُورَاءَ، أَحْتَسِبُ عَلَى اللهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِي قَبْلَهُ

“Puasa hari Asyura, aku mengharap kepada Allah, puasa ini menghapuskan (dosa) setahun yang telah lewat”. (HR. Muslim : 1162).

Di dalam kitab Majmu Al-Fatawa menyebutkan, Ibnu Taimiyah menjelaskan jika adanya dosa yang terhapuskan adalah dosa kecil dan dosa besar. Sebab hadits tersebut sifatnya umum. 

Lain halnya dengan Imam Nawawi, diterangkannya dalam kitab Syarh Shahih Muslim bahwa bukan dosa kecil yang diampuni, semoga dosa besar yang diperingan. Jika tidak, semoga ditinggikan derajat.

Namun apabila 10 Muharram jatuh di hari Jumat dan Sabtu, maka status Puasa Asyura menjadi makruh. Sebab terdapat hadist yang menyatakan, melarang puasa di kedua hari tersebut selain yang wajib.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya