nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

7 Larangan Rasulullah, Nomor 2 Jangan Saling Memata-matai

Abu Sahma Pane, Jurnalis · Senin 16 September 2019 09:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 16 330 2105245 7-larangan-rasulullah-nomor-2-jangan-saling-memata-matai-8ifzsKUiY4.jpg Ilustrasi. Foto: Shutterstock

DALAM ceramahnya, pengasuh Pondok Pesantren Daarut Tauhiid KH Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) mengatakan ada banyak wasiat Rasulullah yang bisa kita jadikan pegangan hidup. Di antara wasiat tersebut ada yang berupa larangan Rasulullah.

Dilansir dari laman Pondok Pesantren Daarut Tauhiid, AA Gym menyampaikan hadits mengenai larangan Rasulullah tersebut;

Diriwayatkan Abu Hurairah, bahwa Rasulullah saw bersabda, “Hindarilah oleh kamu sekalian berburuk sangka, karena buruk sangka itu adalah ucapan yang paling dusta. Janganlah kamu sekalian saling memata-matai yang lain, janganlah saling mencari-cari aib yang lain, janganlah kamu saling bersaing (kemegahan dunia), janganlah kamu saling mendengki dan janganlah kamu saling membenci, dan janganlah kami saling bermusuhan. Tetapi jadilah hamba-hamba Allah yang bersaudara.” (HR. Bukhari Muslim)

Hadis tersebut menerangkan tujuh akhlak buruk yang harus dijauhi setiap muslim. Rinciannya sebagai berikut: (1) jangan buruk sangka, (2) jangan saling memata-matai, (3) jangan saling mencari aib.

Kemudian (4), jangan saling bersaing (kemegahan dunia), (5) jangan saling mendengki, (6) jangan saling membenci, dan terakhir (7) yang menjadi larangan Rasulullah adalah jangan saling bermusuhan.

"Mengapa Rasulullah melarang tujuh hal ini. Tentu ada kerugian yang akan kita terima kalau melanggar larangan beliau," kata AA Gym.

"Saudaraku, semoga kita tidak tergolong sebagai orang merugi sebagaimana disebutkan oleh Rasululah. Caranya, bersungguh-sungguh berusaha menjaga akhlak kita dengan sesama, terlebih kepada tetangga sekitar. Insya Allah," pungkas AA Gym.

 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini