nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kemenag Dinilai Belum Siap Tangani Sertifikasi Halal

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 18 September 2019 11:09 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 18 614 2106251 kemenang-dinilai-belum-siap-tangani-sertifikasi-halal-JkuFrgVTQk.jpg Makanan halal (Foto: Trip 101)

Ombudsman melakukan pengamatan terhadap hasil pengawasan dan persiapan pemberlakuan Undang-undang Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal pada 17 Oktober 2019 mendatang. Namun hasil pengamatan Ombudsman menunjukkan bahwa Kementerian Agama (Kemenag) ternyata belum siap menangani sertifikasi halal.

 Ombudsman saat konpers

Guna menangani sertifikasi halal dibutuhkan Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) yang merata. Namun sayangnya LPH juga belum terbentuk secara merata di setiap daerah. Peran LPH baru akan diambil oleh perwakilan kantor Kemenag di masing-masing wilayah.

"Pembentukan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kemenag RI daerah untuk pelayanan lebih dekat ke masyarakat tidak dilakukan secara regional tetapi dengan perwakilan, sistem tersebut belum berjalan efektif hingga kini," kata Komisioner Ombudsman Ahmad Suaedy di gedung Ombudsman RI pada Selasa (17/9/2019).

Ahmad mengatakan, Ombudsman juga menyoroti perihal auditor halal yang saat ini belum efektif. "Satu hal lagi yang penting adalah soal auditor halal bagaimana sistem rekrutmen auditor, bagaimana standarnya ini juga belum efektif," paparnya.

Lebih lanjut, Ahmad menyarankan agar Kemenag membuat regulasi terkait struktur, tugas, fungsi, dan kewanangan BPJPH di tingkat daerah secara jelas dan juga rinci.

"Kemenag perlu membuat aturan yang rinci tentang proses penegakan kode etik serta audit di masing-masing kelembagaan," pungkasnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini