nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tempura Momiji, Camilan Halal Legendaris di Jepang

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 27 September 2019 16:51 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 27 614 2110151 tempura-momiji-camilan-halal-legendaris-di-jepang-MujjZ5vCJg.jpg Tempura Momiji camilan halal di Jepang (Foto: Deep Japan)

KULINER Jepang sering jadi incaran bagi para food lovers. Sebut saja sushi, ramen hingga gorengan khasnya yaitu tempura. Tapi tahukah Anda, ada salah satu camilan asal Negeri Sakura satu ini yang masih terdengar asing, tapi halal dan cukup legendaris!

Tempura momiji namanya. Makanan ini sejenis gorengan (tempura) ala Jepang. Namun yang membuatnya unik adalah camilan tradisional satu ini terbuat dari daun maple. Perlu dicatat, camilan ini termasuk halal.

Seperti dikutip dari laman Great Big Story, camilan momiji menjadi bagian makanan yang kono sudah ada sejak 700 tahun silam. Anda juga tidak bisa menemukannya bukan di sembarang tempat. Tempura momiji, hanya bisa didapat di kota Minoo, Osaka, Jepang.

Tempura momiji

Salah satu pembuat momiji adalah Setsuko Hisakuni. Dirinya telah mengolah daun maple jadi makanan yang lezat, kurang lebih sudah 50 tahun. Ia pun tidak merasa kesulitan memperoleh bahan dasar untuk membuat camilan halal ini.

Tapi jangan salah, tidak semua daun maple bisa diolah jadi tempura. Hisakuni biasanya mengambil daun yang berwarna kuning, karena lebih tepat untuk dijadikan momiji. Sedangkan yang warna merah ia selalu abaikan.

Tempura momiji

Tidak sampai di situ. Daun maple yang telah dikumpulkan, dimasukan ke dalam ember lalu dibiarkan selama satu tahun. Jika daun sudah siap diolah, Hisakuni membersihkannya terlebih dahulu, sebelum diberi tepung dan bumbu.

Hingga dulu sampai sekarang, Hisakuni terus konsisten menjalankan usahanya membuat tempura momiji. Kedainya kini berusia 80 tahun. Dan dirinya pun senang bisa membuat makanan halal yang legendaris ini.

"Tempura momiji adalah makanan khas di Minoh. Sebagai orang Kanada, saya sangat penasaran untuk mencoba camilan ini. Rasanya renyah dan agak manis. Paling cocok disantap sebagai camilan atau teman berpergian, " kata salah satu pengguna akun instagram @andhwang.

Nah, jika di Indonesia daun bayam biasanya dijadikan gorengan atau keripik. Rasanya juga tidak kalah enak dan menarik. Bisa Anda jadikan camilan atau pelengkap makanan lainnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini